​Mahasiswa UIN SUKA Berharap Job Fair menjadi Agenda Tahunan

187


Yogyakarta, SERIKATNEWS.COM – Era pemerintahan Jokowi- JK telah berhasil mengurangi angka pengangguran yang ada di Indonesia. Berbagai langkah yang dilakukan tentunya tidak terlepas dari peran Kementerian Ketegakerjaaan dengan mengadakan Job Fair di tingkat SMK maupun di berbagai Perguruan Tinggi.
Ikatan Alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora  telah berhasil membuat gebrakan baru dengan menggelar Jogja Job Fair 2017. Penyelenggaraan Job Fair merupakan pertama kalinya di UIN Sunan Kalijaga. Agenda Job Fair bertempat di Convention Hall  lt 2. Acara  selama dua hari dari tanggal 22-23 Mei 2017. Pameran kesempatan kerja atau Job Fair tahun ini diikuti oleh 43 perusahaan diantaranya: Suzuki, Honda, Tribun Jogja, Mirota Kampus, Matahari, Alfamidi, BRI, BNI life, Alfa midi, dan masih banyak perusahaan lainya.

Peserta kegiatan Jogja Job Fair mengaku sangat senang dengan diadakannya kegiatan ini sebab dapat memberikan kesempatan kerja langsung kepada yang membutuhkan.

“Saya sangat bersyukur di UIN ada Job fair. Karena saya dapat memilih langsung pekerjaan yang selama ini saya impikan”. ungkap Yanto mahasiswa yang baru lulus dari jurusan Biologi Fakultas Sains dan Teknologi UIN SUKA.

Lanjut Yanto, Harapan saya di UIN kegiatan semacam ini bisa jadi kegiatan rutin setiap tahun. Karena memang sangat membantu bagi para pengcari kerja (pencaker).

Ketua Umum IKA Fishum dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam penyelenggaran Job Fair tidak boleh melakukan pungutan. Baik yang diselenggarakan Swasta maupun pemerintah.

“Kalau ada yang melakukan pungutan, laporin aja ke akun Kemenaker atau langsung mention aja ke akun Bapak Menteri, pasti langsung ditindaklanjuti, ungkap Nur Faizin dengan tegas.

Susahnya akses tidak menyurutkan semangat kaum Difab untuk tetap dapat berpartisipasi dalam agenda job fair. Agenda Job Fair tahun ini juga diikuti oleh kaum Difabel.

Baca Juga:  DKC Sleman; Bergerak Menuju Pramuka yang Multitalent

Kami bangga dengan kampus UIN Sunan Kalijaga yang telah memfasilitasi kaum Difabel untuk mencari pekerjaan. ungkap dr. Andung Prihadi Santoso, M. Kes., Kepala Disnakertrans DIY yang sekaligus membuka secara resmi penyelenggaraan Job Fair.

Beliau juga berharap semoga acara ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh alumni UIN Sunan Kalijaga ataupun Masyarakat Yogyakarta pada umumnya untuk mendapatkan pekerjaan. 

“Harapan kami semoga acara ini sukses dan dapat mensejahterakan masyarakat dan yang terpenting  dapat mengurangi angka pengangguran. (LC/Kaha)