​Over Kapasitas Lapas Harus Diperhatikan Pemerintah

141
Ilustrasi : pixabay.com

JAKARTA, Serikatnews.com – Masalah di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) yang paling besar yakni over kapasitas di rumah tahanan (Rutan). Pemerintah perlu serius menyelesaikan masalah tersebut.Kasubag Humas Direktorat Jenderal Lembaga Pemasyarakatan (Ditjen Lapas) Kementerian Hukum, dan HAM,  Akbar Hadi Prabowo mengatakan, selama ini Kemenkumham, Ditjen Pemasyarakatan senantiasa disibukan menyelesaikan persoalan-persoalan yang bersifat Fenomenal seperti masalah pelarian, kerusuhan, pungli, peredaran narkoba, dan perlakuan diskriminasi. “Sehingga penyelesaiannya hanya bersifat sementara yang sewaktu dapat terulang kembali,” katanya kepada Serikatnews.com pada Rabu (10/5).

Akbar melanjutkan, ada juga persoalan struktural seperti tidak berimbangnya jumlah petugas dengan penghuni, petugas yg belum terlatih, terbatasnya sarana prasarana, dan minimnya anggaran. Sebenarnya, tegas dia, pemerintah perlu lebih serius menyelesaikan persoalan yang bersifat fundamental yaitu adanya regulasi atau peraturan yang berdampak terjadinya Over Crowded di Lapas dan Rutan. 

“Bayangkan saja update status di media sosial saja ancamannya pidana penjara. Over crowded inilah yang sebenarnya menjadi akar dari semua persoalan di Lapas dan Rutan kita,” ujar Akbar. (Arif K Fadholy)

Baca Juga:  Perpres 54/2018 Perkuat Komitmen Pemerintah Dalam Pencegahan Korupsi