AICIS Mematangkan Nilai-Nilai Pengamalan Pancasila

271

Serpong,SERIKATNEWS.COM- Kementerian Agama melalui direktorat pendidikan tinggi keagamaan islam akan menggelar Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City pada 20 – 23 November mendatang. Rencananya, acara tersebut akan diisi oleh pakar-pakar studi keislaman dari berbagai belahan dunia.

Dalam AICIS tahun 2017 ini mengangkat tiga tema besar tentang keislaman yakni islam sebagai identitas, islam sebagai agama, dan islam sebagai kewarga negaraan atau nasionalisme.

Seperti yang disampaikan oleh Kasubdit Akademik, Mamat S. Burhanuddin dalam sesi jumpa pers di Hotel Santika, Serpong
“Tiga tema besar dalam AICIS yaitu religion, identity, dan citizenship. Tiga ranah ini akan menjadi tema sentral dalam semua sesi panel” terang Mamat.

Menurut Mamat, Islam saat ini dihadapkan dengan dua ranah antara Islam sebagai identitas keber agamaan dan islam sebagai identitas kewarganegaraan. “AICIS mencari rumusan serta cara yang seperti apa, beragama islam di dunia ini agar dia (Islam) jika hidup di negara-negara tertentu, dapat menjadi identitas diri sebagai agama, dan diterima sebagai identitas kewarganegaraannya.” Jelas mamat.

Lebih lanjut, pria yang gemar membaca ini menyinggung tentang nilai-nilai pancasila “yang harus kita tunjukkan adalah keberagamaan Islam di indonesia ini sudah berhasil untuk merumuskan tiga ranah tersebut antara agama, identitas, dan kewarganegaraan yang diramu dalam bentuk Nation State Indonesia dan diikat oleh pancasila” ujarnya.

“Pancasila itu merupakan salah satu bentuk ijtihad orang indonesia yang menyelesaikan tiga ranah tersebut” imbuh Mamat.

Di forum yang berbeda, Sekretaris Dirjen Pendidikan Islam Prof. Ishom Yusqi, MA berharap dengan diselenggarakannya AICIS dalam serangkaian acara PENDIS Expo ini semoga ajaran islam dan PTKIN bisa ikut berperan aktif meyelesaikan problem-problem manusia terlebih kemanusiaan baik untuk problem penindasan, genosida (pembunuhan etnis), imigran, terorisme dan seterusnya.

Baca Juga:  Indonesia Beberkan Pemanfaatan Teknologi Nuklir

Annual International Conference on Islamic Studies akan digelar di Hotel Santika Premiere ICE BSD City pada 20 – 23 November mendatang.(RH)