Ekonomi-Politik

Aliansi Mahasiswa Peduli Jawa Tengah Menggugat Kebijakan Gubernur Jateng

Foto: Aliansi Mahasiswa Peduli Jawa Tengah (AMPJT)

Semarang, SERIKATNEWS.COM-Ratusan mahasiswa yg tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Peduli Jawa Tengah (AMPJT) kritisi program gubernur Jawa Tengah dalam diskusi yang diadakan dikampus Universitas Negeri Semarang (unnes), Sekaran, Gunungpati (15/06). Diskusi publik tersebut dihadiri berbagai elemen mahasiswa dari berbagai daerah di Jateng.

Koordinator AMPJT, Setiawan mengatakan, diskusi publik ini sebagai wacana dan kritik terhadap pemerintah Jateng yang gagal mengawal kebijakan terhadap kesejahteraan wong cilik.
“kami beranggapan, pemerintah saat ini hanya terfokus dalam sektor investasi yang cenderung mengeksploitasi SDA yang ada di Jateng, terbukti dari banyaknya kebijakan yang ditentang oleh masyarakat dan menjadikan kasus agraria semakin bertambah” jelasnya.

setiawan juga menambahkan, bukti pemerintah tidak pro dengan wong cilik adalah turunnya nilai tukar petani Jateng dari 98,02 persen menjadi 97,50 persen (data BPS bulan Maret 2017) padahal mayoritas masyarakat berpenghasilan dari sektor pertanian.

“seharusnya petani diproteksi oleh pemerintah sehingga NTP tidak mengalami penurunan, padahal dalam masa kepemimpinan Gubernur Jateng Bibit Waluyo, NTP mencapai 106 persen, ini menjadi bukti konkrit tidak adanya keberpihakan pemerintah pada petani” tambahnya.

salah satu peserta diskusi publik Eko menjelaskan adanya ketimpangan kebijakan jika dilihat Jateng sebagai daerah penghasil lumbung pangan yang besar di Indonesia dengan kebijakan pemerintah yang menghadirkan banyaknya investasi dalam sektor industri semen.

“Jateng adalah lumbung pangan dalam sektor pertanian, jika kami lihat selama ini kebijakan pemerintah cenderung berlawanan arah, pasalnya pemerintah gencar membangun pabrik semen, misal di cilacap, banyumas, rembang dan pati”
eko juga mengharapkan diskusi ini berkelanjutan sebagai kontrol dan kritik mahasiswa terhadap pemerintah, sehingga harapannya pemelihan Gubernur Jateng yang akan berlangsung 2018 mendatang mampu memilih pemimpin yang menyerap aspirasi dan mengayomi masyarakat. (dut)

Popular

SerikatNews.com adalah portal media Online, sebagai wadah media kritis anak bangsa yang menerjemahkan visi, mencerahkan itu sebagai keharusan, menyajikan tulisan-tulisan jernih dan transfomatif. SerikatNews.com merupakan media yang menyajikan berita-berita yang terpercaya sesuai dengan kaidah-kaidah jurnalistik. Media SerikatNews.com bergerak diranah kampus bermaksud untuk membangun secara kolektif nalar kritis mahasiswa yang hari ini sudah banyak terkoptasi dengan dunia hedonisme. SerikatNews.com tidak memihak terhadap kepentingan satu golongan baik ras, suku, partai politik bahkan agama! Salam Tim Redaksi SerikatNews.com.

Copyright © 2017 Serikatnews.com - All Rights Recerved

To Top