Amrin Esarey Terpilih Sebagai Koordinator Umum Forum BEM DIY 2018-2019

6060

SERIKATNEWS.COM- Forum Badan Eksekutif Mahasiswa Daerah Istimewa Yogyakarta atau Forum BEM DIY (FBD) selalu dilaksanakan Musyawarah Besar (Mubes) untuk memilih Koordinator Umum Forum BEM DIY(FBD) beserta struktur kepengurusan untuk periode berikutnya.

FBD telah melaksanakan rangkaian Musyawarah Besar ke VI selama 3 hari mulai tanggal 02 Februari – 04 Februari 2018 yang bertempat di Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa “APMD” dan dihadiri oleh delegasi BEM setiap kampus di Yogyakarta.

Pada hari pertama MUBES, dilaksanakan Seminar Nasional bertemakan “Membangun Semangat Berpolitik yang Sehat Untuk Indonesia yang Bermartabat”. Hadir sebagai pembicara dari Komisi VII DPR RI, H. Agus Sulistyono, SE, MT. Beliau menyampaikan “ Mahasiswa agar tidak boleh anti Politik, karena perbaikan sistem Negara ini hanya bisa di rubah melalui jalur Politik, namun kita harus membangun Politik ini dengan sehat, bersih dan berdasarkan idealisme Ala Mahasiswa”. Kemudian acara dilanjutkan dengan Kuliah ke-FBD-an oleh para pendiri dan Deklarator FBD, antara lain Abdul Khalid (Mantan Presiden Mahasiswa UIN Yogyakarta periode 2011/2013), Indra Febriansyah (Ketua MMU UST Yogyakarta periode 2011/2013), Albertus Iswadi (Ketua BEMF UWMY2011/2012), Yon Lopo (Ketua BEM APMD 2011), dan lainnya.

Para pendiri menyampaikan bahwa “FBD adalah rumah bersama yang harus di jaga dan terus di kuatkan terus nilai-nilai kekeluargaan didalamnya. Sebagai wadah bersama, BEM yang tergabung didalamnya harus melupakan ego masing-masing organ, disini tidak ada istilah kampus Kecil atau kampus Besar, semua memiliki hak dan kewajiban yang sama”.Selanjutnya pembahasan Laporan Pertanggung Jawaban Pengurus FBD 2016/2018 yang di Pimpinan oleh Fatah Selaku Koordinator Umum (periode 2016-2018). Fatah menyampaikan bahwa dalam kepengurusannya “telah melakukan kegiatan 41 kegiatan Selama satu periode. Dan Fatah bersama pengurus telah berhasil merekrut banyak anggota, dengan anggota tetap sebanyak 40 kampus, sedangkan sisanya masih dalam proses penyelesaian administrasi.

Baca Juga:  ​Mahasiswa UIN SUKA Berharap Job Fair menjadi Agenda Tahunan
SerikatNews

Kegiatan selanjutnya adalah Pembahasan Tata Tertib Mubes, pada hari selanjutnya dilakukan pembahasan AD/ART dan Garis Besar Haluan Organisasi dan Garis Besar Haluan Kerja Forum BEM DIY (GBHO dan GBHK FBD tahun 2018). Pada hari terakhir, Minggu (04/02) dilakukan pemilihan Koordinator Umum Forum BEM DIY untuk menandai berakhirnya masa kepengurusan FBD periode 2016/2018 yang dipimpin oleh Fatah dan memulai masa kepengurusan baru yang sekarang dipimpin oleh Amrin Earley untuk periode 2018 – 2019.

Fatah Selaku demisioner Koordum FBD mengingatkan “kepada Koordum baru agar tetap melanjutkan perjuangan FBD, dan harus bisa menyesuaikan gerakan FBD sesuai tuntutan Zaman”. Kemudian dalam visi-misinya, Amrin menyampaikan “akan membawa Forum BEM DIY untuk lebih kuat lagi rasa kekeluargaannya dan lebih masiff lagi gerakannya, tidak hanya melalui gerakan massa tetapi juga melalui gerakan teknologi. Hal ini sebagai upaya untuk melanjutkan cita-cita membangun bangsa melalui Yogyakarta”. Pada pemilihan koordinator umum ini terdapat 2 kandidat calon yang keduanya adalah pria yaitu kandidat 1 adalah Amrin Esarey dan kandidat 2 adalah Farid Latuconsina.

Dalam hal ini sebagai Tim Sukses Amrin yaitu Ulrik H. August (BEM UWMY) dan Tim Sukses Farid yaitu Ramli (Presiden BEM UIN Yogyakarta). Selama pemilihan kordum, para kandidat calon diperiksa kelengkapan berkas yang didampingi oleh 2 orang tim saksi dalam memenuhi syarat menjadi koordinator umum, lalu kemudian kedua kandidat calon menyampaikan visi misi dan juga menjelaskan tentang program kerja mereka untuk merubah FBD menjadi lebih baik lagi, dan juga para peserta mubes yang juga cukup antusias untuk menyampaikan aspirasi mereka dengan kandidat calon koordinator umum.

Setelah mereka melakukan tahapan tersebut, dilanjutkan dengan musyawarah yang dilakukan oleh peserta mubes dari berbagai delegasi BEM untuk menentukan siapa yang layak menjadi koordinator umum FORUM BEM DIY 2018/2019.

Baca Juga:  LMND Gelar Kongres Ke-7 di Manado

Setelah dilakukan musyawarah, dan yang terpilih menjadi Koordinator Umum FORUM BEM DIY 2018/2019 adalah Amrin Esarey   yang juga menjabat sebagai Presiden Mahasiswa BEM AKAKOM. Acara pelantikan dimulai dengan prosesi serah terima jabatan dan dilanjutkan dengan sambutan dari Kordum FORUM BEM DIY 2016/2017 dari Nur Fatah, setelah itu sambutan dari Kordum FORUM BEM DIY 2018/2019 dari Amrin Esarey yang sekaligus menjadi penutup acara Musyawarah Besar FORUM BEM DIY.

Semoga koordinator umum yang telah dilantik dapat menjalanakan amanah dengan sebaik-baiknya dan bermanfaat bagi masyarakat kedepannya. (MKR)