Hukum

Anti Tambang Harus Terus Diserukan

Sumber: Citizendaily.net

JAKARTA, Serikatnews – Hari Anti Tambang (HATAM) harus didasari atas kenyataan sudah saatnya mulai menjadikan pertambangan dijadikan sebagai sejarah (make mining history) dalam perjalanan bangsa ini kedepan.

“Terbukti, industri pertambangan yang sudah berlangsung ratusan tahun ini malah terus menjadikan Indonesia sebagai ruang akumulasi kapital yang menjadikan Tanah Air sebagai sumber ekstraksi bahan mentah bagi korporasi- korporasi raksasa dan bank-bank pendukungnya,” kata Koordinator Kampanye JATAM, Ki Bagus Kusuma dalam siaran pers yang diterima Serikatnews pada Minggu (28/5).

Tidak hanya itu, kata Ki Bagus, industri pertambangan telah berhasil menghapus mimpi dan cita-cita Anak Bangsa, bahkan telah merenggut ratusan nyawa anak negeri.

Menurutnya, peringatan HATAM yang dilakukan di berbagai tempat ini menggambarkan bagaiamana rakyat mulai sadar dan kritis akan pilihan ekonominya, dengan menciptakan ekonomi tanding yang lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan.

“Pada 2017 ini setidaknya 22 wilayah di Indonesia turut serta menyemarakkan HATAM dengan berbagai aktivitas untuk menyuarakan perlawanannya terhadap industri tambang dan mendukung ekonomi tanding berdaya pulih,” ujar Ki Bagus. (Arif K Fadholy)

 

Popular

SerikatNews.com adalah portal media Online, sebagai wadah media kritis anak bangsa yang menerjemahkan visi, mencerahkan itu sebagai keharusan, menyajikan tulisan-tulisan jernih dan transfomatif. SerikatNews.com merupakan media yang menyajikan berita-berita yang terpercaya sesuai dengan kaidah-kaidah jurnalistik. Media SerikatNews.com bergerak diranah kampus bermaksud untuk membangun secara kolektif nalar kritis mahasiswa yang hari ini sudah banyak terkoptasi dengan dunia hedonisme. SerikatNews.com tidak memihak terhadap kepentingan satu golongan baik ras, suku, partai politik bahkan agama! Salam Tim Redaksi SerikatNews.com.

Copyright © 2017 Serikatnews.com - All Rights Recerved

To Top