Cara Ibu Negara Memaknai Hari Kartini

105
Foto: Kris - Biro Pers Setpres, Kunjungan Kerja Ibu Negara ke Provinsi Kalimantan Selatan
Foto: Kris – Biro Pers Setpres, Kunjungan Kerja Ibu Negara ke Provinsi Kalimantan Selatan

Serikatnews.com, –Peringatan Hari Kartini diharapkan dapat memotivasi seluruh perempuan Indonesia untuk terus belajar dan semakin produktif.

Ibu Negara Iriana Joko Widodo menghadiri acara Peringatan Hari Kartini Tahun 2017 di Lapangan Dr. Murdjani Banjarbaru, Kelurahan Loktabat Utara, Kecamatan Banjarbaru Utara, Kota Banjarbaru. Dalam kesempatan tersebut, Ibu Iriana tak lupa mengucapkan selamat kepada para Kartini Indonesia.

“Selamat siang semuanya, Selamat Hari Kartini,” ucap Ibu Iriana.

Tema yang diangkat dalam peringatan Hari Kartini kali ini adalah ‘Meningkatkan Kesadaran Perempuan Indonesia Untuk Deteksi Dini Kanker Serviks dan Payudara’. Hal tersebut sesuai dengan visi Ibu Iriana yang gencar mencanangkan program deteksi dini kanker pada perempuan sejak dua tahun lalu.

Persembahan Tarian Dindang Ligun yang dibawakan oleh Sanggar Tari Idaman Banjarbaru menyambut hangat kedatangan Ibu Iriana beserta rombongan. Ibu Iriana pun tak segan menghampiri para undangan sambil memenuhi permintaan untuk berjabat tangan dan foto bersama.

Ibu Iriana turut berpesan kepada para undangan untuk mengajak lingkungan sekitar lebih peduli terhadap kesehatan.

“Nanti kalau bisa jangan ibu saja, tapi juga lingkungan diberi tahu bahwa pemeriksaan IVA Test dan SADARI itu penting sekali,” ujar Ibu Iriana.

Lebih lanjut, Ibu Iriana memberikan penghargaan kepada sejumlah daerah yang telah berperan penting dalam pelaksanaan program deteksi dini kanker di seluruh Indonesia.

Daerah yang berhasil mendapatkan penghargaan dari Ibu Iriana, yaitu:
1. Tim Penggerak PKK Provinsi Bali, untuk kategori dengan jumlah pemeriksaan tertinggi target nasional;
2. Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung, untuk kategori jumlah pemeriksaan dengan kenaikan pemeriksaan tertinggi;
3. Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Timur, untuk kategori jumlah pemeriksaan untuk target wilayah padat penduduk; dan
4. Tim Penggerak PKK Provinsi Papua Barat, untuk kategori jumlah pemeriksaan tertinggi wilayah Indonesia Timur.

Baca Juga:  MMD Apresiasi Dukungan Ketua PBNU

Sebelum meninggalkan tempat acara, Ibu Iriana menyempatkan diri meninjau sejumlah pameran kerajinan khas Kalimantan Selatan yang digelar di sekitar tempat acara.

Turut mendampingi Ibu Iriana dalam kunjungan kerja kali ini adalah Ibu Hj. Mufidah Jusuf Kalla dan sejumlah istri anggota Kabinet Kerja yang tergabung dalam Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE-KK). (SMH)