Kampus

Dilema Gerakan Mahasiswa Dalam arus kepentingan politik

Foto: Dialog umum mahasiswa

SERIKATNEWS.COM- Acara dilaksanakan oleh Dewan Mahasiswa UIN Syarif hidayatullah ciputat yang berlangsung selasa 24 Oktober 2017 bertempat di Aula UIN.
Acara ini dihadiri oleh Narasumber dari lintas gerakan universitas dan Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi. Diantaranya Menlu Presma UMJ, Dema UIN syarif Hidayatullah ciputat, BEM UIN Banten dan Sekjend LMND Nasional (Muhammad Asrul).

Dalam pemaparannya Sekjend LMND menjabarkan tentang history perjalanan pergerakan mahasiswa Indonesia dan tantangan gerakan mahasiswa kedepannya. Gerakan mahasiswa kedepannya harus memiliki satu platform perjuangan. karena dengan platform ini maka fragmentasi kekuatan mahasiswa akan menyatu dalam semangat dan jiwa persatuan nasional yang anti terhadap imperialisme.tanpa persatuan nasional yang masife maka gerakan mahasiswa kedepan akan kehilangan kekuatan identitasnya.Mahasiswa harus tetap menjadi pelopor perubahan dan garda terdepan dalam memperjuangkan kepentingan nasional dan menjauhkan diri dari politik transaksional

Sementara itu Menlu UMJ mahasiswa harus memperjuangkan dan hadir ditengah umat. Situasi hari ini gerakan mahasiswa sangat menurun baik dari persoalan kesadaran maupun pembungkaman. Jangan sampai gerakan sekarang terperangkap pada kepentingan politik individu maupun kelompok.

BEM UIN Banten memaparkan bahwa gerakan mahasiswa hari ini tidak bisa lepas dari sejarah dan gerakan mahasiswa juga tidak bisa dipisahkan dengan kepentingan politik. Mahasiswa harus mempertegas sikap politiknya agar tidak terjebak dalam ruang apatisme.

“Sedangkan DEMA UIN Syarif Hidayatullah ciputat gerakan mahasiswa hari ini lebih pada faksional bukan fungsional. Gerakan hari ini hanya sebatas membangun opini tidak memberikan resolusi-resolusi dari persoalan subtansi dari bangsa ini”, tutup¬†Dema UIN syarif Hidayatullah ciputat. (Puan)

SerikatNews.com adalah portal media Online, sebagai wadah media kritis anak bangsa yang menerjemahkan visi, mencerahkan itu sebagai keharusan, menyajikan tulisan-tulisan jernih dan transfomatif. SerikatNews.com merupakan media yang menyajikan berita-berita yang terpercaya sesuai dengan kaidah-kaidah jurnalistik. Media SerikatNews.com bergerak diranah kampus bermaksud untuk membangun secara kolektif nalar kritis mahasiswa yang hari ini sudah banyak terkoptasi dengan dunia hedonisme. SerikatNews.com tidak memihak terhadap kepentingan satu golongan baik ras, suku, partai politik bahkan agama! Salam Tim Redaksi SerikatNews.com.

Copyright © 2017 Serikatnews.com - All Rights Recerved

To Top