Dwi Soetjipto Menilai Pembangunan Infrastruktur Tepat untuk Efisiensi Energi

11
Dwi Soetjipto Menilai Pembangunan Infrastruktur Tepat untuk Efisiensi Energi
Ilustrasi (Net)

SERIKATNEWS.COM – Dwi Soetjipto, mantan direktur Pertamina, menuturkan pembangunan infrasturktur yang dilakukan oleh pemerintah dinilai dapat membuat efisiensi, khususnya dalam bidang energi.

Menurutnya, Adanya pemerataan pembagunan infrastruktur tersebut dapat mengoptimalkan cost distribusi yang nantinya juga mempengaruhi harga energi itu sendiri.

Dwi Soetjipto mencontohkan, adanya pembangunan infrastruktur baik transportasi maupun dalam hal distribusi energi berpengaruh terhadap penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) satu harga. Sehingga adanya pembangunan di sisi ini merupakan langkah dalam mengefisiensikan penggunaan energi untuk masyarakat.

“Untuk bisa kesitu pengelolaan energi harus efisien, langkah pertama adalah dibubarkannya Petral. Adanya pihak-pihak yang berkepentingan itu memengaruhi, oleh karenanya dengan memperpendek jalur ini mafianya dihilangkan,” ujarnya dalam sebuah diskusi di Posko Cemara, Menteng, Jakarta, Rabu (17/10/2018).

Lebih lanjut, yang perlu diperhatikan ialah mengurangi jumlah impor BBM. Menurutnya, hal tersebut perlu dijadikan perhatian lebih karena sangat berpengaruh terhadap kurs rupiah.

Dirinya berpandangan, pemerintah dapat mengoptimalkan produksi energi dalam negeri khusunya minyak dengan membuat kilang baru serta mengupgrade kilang-kilang lama.

Ia juga menuturkan adanya optimalisasi dalam produksi hilir dalam hal produk petrokimia juga dapat dijadikan langkah dalam mengurangi impor BBM.

“Ini sangat penting untuk diseriusi dengan mengurangi impor BBM, bapak Presiden telah membuat kilang baru dan upgradeding kilang lama dengan taget produksi euro 4, lalu ada produk petrokimia di industri hilir. Salah satunya dulu mengoptimalkan TPPI itu adalah milestone untuk dapat masuk ke produk petrokimia,” ungilkapnya.

Baca Juga:  Leader's Talk: Apa Kabar Reformasi Birokrasi?