Eva Sundari: Batik “Panji” Siap Memperkaya Industri Ekonomi Kreatif Berbasis Budaya

SERIKATNEWS.COM- Pada tanggal 4 Agustus 2018, untuk pertama kalinya 8 griya Batik di Tulungagung yaitu Griya Gayatri, Latar Putih, Gajah Mada, Yunar, Kalang Kusumo, Satrio Manah, Baronggung, dan Liris Manis Majan, melakukan pameran bersama. Pameran berlangsung di Hotel Crown Tulungagung dibuka oleh Eva Sundari, anggota DPR RI Dapil Jatim 6 dari Fraksi PDI Perjuangan.

Selain Eva Sundari, turut hadir dan memberikan sambutan Bp Djoko Sutarto, perwakilan BI Kediri dan Bp Slamet, sekretaris Dinas Pariwisata Kab Tulungagung. Ketua pameran, Setio Hadi yang juga pemilik Griya Batik Gayatri menyatakan,”Kita menjadikan nilai-nilai dari Budaya Panji sebagai sumber inspirasi. Tulungagung yang disebut Bumi Gayatri ini mewariskan kekayaan masa lalu sebagai inspirasi kita berkarya di masa kini dan masa depan”.

Baca Juga: Berani Melawan Pengecut

Djoko Sutarto menegaskan komitmen BI dalam memfasilitasi perkembangan umkm yang bergerak di bidang ekonomi kreatif berbasis budaya. “Sebagai tantangan, Budaya Panji atau Mojopahitan harus digali dan dikembangkan untuk memacu perkembangan industri ekonomi kreatif berbasis Budaya Indonesia,” tegas Djoko Sutarto.

Eva Sundari mengapresiasi gotong royong para seniman Tulungagung selama berbulan-bulan dalam penyelenggarakan Festival Budaya Panji di Tulungagung. “Hormat saya kepada teman-teman seniman di Tulungagung yang mampu menuangkan gagasan untuk mengeksplorasi Budaya Panji ke berbagai karya seni ekonomi kreatif jauh melebihi ekspektasi saya. Ini kontribusi penting dalam pembentukan identitas Tulungagung setelah kegiatan khususnya berupa Grebek Bhinneka Tunggal Ika,” kata Eva Sundari dalam sambutannya.

SerikatNews

Festival Budaya Panji berlangsung pada tanggal 4-5 Agustus yang lalu diisi dengan workshop dan lomba lukis tema Panji, pameran umkm batik Panji, seminar nilai-nilai Budaya Panji, Pertunjukan dan Diskusi Seni Jaranan, Pentas Sendratari Panji Laras, dan Fashion Show Batik Panji.

Baca Juga:  Reformasi Agraria Dimulai, Presiden Jokowi: Juli akan Kelihatan Hasilnya