IKPM Sumatera Selatan Yogyakarta Adakan Diskusi: “Reaktualisasi Pancasila dalam Perwujudan Toleransi Agama, Politik dan Budaya”

116

Yogyakarta, serikatnews.com – Ikatan keluarga pelajar mahasiwa (IKPM) Sumatera Selatan Yogyakarta menyelenggarakan diskusi bertemakan “Reaktualisasi Pancasila dalam Perwujudan Toleransi Agama, Politik dan Budaya,” (07/06) kemarin.

Kegiatan diskusi yang dilaksanakan di Balai Sriwijaya Yogyakarta ini menjadi serangkaian acara dengan buka puasa bersama IKPM Sumatra Selatan.

Beberapa pembicara dalam diskusi kali ini antara lain ialah Subarno (anggota DPRD D.I.Y), Fitro Nurwijoyo Legowo (DPD KNPI D.I.Y), Sukamto (Kesbangpol Kota Yogyakarta).
Dalam sambutannya AKBP Siti Alfiah. SH. kepala BNNP Yogyakarta menyatakan bahwa, perlu adanya kejernihan berfikir dari generasi muda sebelum mengaplikasikan Pancasila. Salah satu caranya ialah menjernihkan diri dari Narkoba.

“Sebelum mengaplikasikan nilai-nilai pancasila generasi muda harus jernih pikirian, fisik dari narkoba, maka kedepannya untuk melakukakn nilai-nilai pancasila akan cemerlang untuk kehidupan di masyarakat dan Negara,” Jelasnya.

Sebagai tuan rumah Balai Sriwijaya, Demisioner ketua IKPM Sumatera Selatan,Tri Sulistianto yang sekaligus menjadi moderator, menyampaikan bahwa generasi muda tidak boleh lengah terutama dalam memahami nilai-nilai pancasila.

“Jiwa-jiwa muda jangan lengah dan tidak tahu tentang nilai-nilai Pancasila. Karena generasi muda yang akan melanjutkan estafet dari para pahlawan terdahulu yang sudah memperjuangkan Pancasila. Sekarang generasi muda tinggal meneruskan dan mengaktualisasikan,” Ujarnya.

Ia juga mengajak kepada peserta untuk bergerak bersama dan mengimplemntasikan nilai-nilai Pancasila. Apalagi dalam konteks ini, mereka sedang mencari ilmu di daerah lain.

Maka menjadi penting untu memiliki semangat kesatuan NKRI serta mewujudkan toleransi terhadap suku, budaya, politik dan agama.
“Saya Pancasila, Saya Indonesia,” Imbuhnya lagi.(Majid)

Baca Juga:  Pemuda-pemudi Lengkong Gelar Drama Kolosal Pahlawan Seribu