Jokowi Bagi-bagi Sertifikat Tanah, Amien Rais: Pengibulan!

300

Mantan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Amien Rais menyinggung pemerintahan era Joko Widodo yang rentan disusupi isu usang. Menurutnya, isu ini memunculkan kekhawatiran public

Pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) itu mengkritik munculnya isu kebangkitan Partai Komunis Indonesia (PKI) menjadi salah satu yang ada di era Jokowi. Kata dia, isu kebangkitan PKI mudah masuk ke semua lini karena bebas beredar.

“Bangsa kita sangat mudah dibodohi, tapi kenapa rezim ini memberikan angin membangkitkan PKI,” kata Amien Rais disela diskusi ‘Bandung Informal Meeting’ di Hotel Savoy Homan Kota Bandung Jawa Barat, Minggu 18 Maret 2018.

Amien menuturkan, saat era Jokowi, masyarakat seperti terjebak pada kondisi pernyataan pemimpin bertolak belakang dengan fakta. Dalam perjalanannya, rezim pemerintahan sekarang banyak memberikan pengalihan sekaligus pembodohan.

Dengan nada keras, ia menganggap antara sikap pemerintah dengan kenyataan yang terjadi berbeda dan makin menjauh. [viva.co.id]

Selain itu Ace mengatakan program sertifikasi tanah oleh Jokowi sangat bagus. Sebagai anggota Komisi II DPR yang membidangi pemerintahan, Ace tahu persis program tersebut.

“Dengan kepemilikan sertifikat tanah, rakyat dapat mempergunakannya untuk kepentingan yang lebih bermanfaat. Sertifikat tanah yang dimiliki rakyat bisa digunakan sebagai asset secara legal dan digunakan secara bankable untuk usaha,” imbuhnya.

Sebelumnya, Amien Rais kembali mengkritik Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ia menyebut program bagi-bagi sertifikat yang dilakukan Jokowi merupakan suatu pembohongan.

“Mohon dengan segala hormat, Pak Amien Rais jangan gampang menuduh dengan menyebut ‘pengibulan’. Sebagai salah seorang tokoh bangsa, lebih arif dan bijak rasanya Pak Amien berbaik sangka atau husnuzon kepada program yang sangat baik ini,” ujar Ketua DPP Golkar Ace Hasan Syadzily kepada wartawan, Senin (19/3/2018) [detik.com]

Baca Juga:  Gelar Diskusi, GMNI Soroti Tantangan Politik Ekonomi Global

Tidak hanya partai golkar, PPP pun juga ikut menanggapi. Menurut Awiek, sebagai tokoh bangsa dan pernah menjabat di MPR, Amien harusnya bicara data ke publik, bukan tudingan tak berdasar. Jika memang tidak yakin dengan apa yang dikerjakan Jokowi, dia meminta Amien memberi arahan khusus kepada kader PAN yang duduk di parlemen.

“Jangan campur adukkan antara pembagian sertifikat tanah secara gratis kepada masyarakat dengan isu kepemilikan tanah oleh pihak tertentu (asing). Jika dicampuradukkan, akan menjadi bias informasinya,” tegas anggota Komisi II DPR itu.

Sebelumnya, Amien Rais kembali mengkritik Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ia menyebut program bagi-bagi sertifikat yang dilakukan Jokowi merupakan suatu pembohongan.

“Ini pengibulan, waspada bagi-bagi sertifikat, bagi tanah sekian hektar, tetapi ketika 74 persen negeri ini dimiliki kelompok tertentu seolah dibiarkan. Ini apa-apaan?” kata Amien, Minggu (18/3)  [detik.com]