Kemenhub Imbau Pengelola Wisata Bangun Ruang Istirahat Pengemudi

11
Kemenhub Imbau Pengelola Wisata Bangun Ruang Istirahat Pengemudi
Ilustrasi (Net)

SERIKATNEWS.COM – Pemerintah berencana membangun ruang istirahat bagi para pengemudi bus pariwisata di lokasi wisata. Hal tersebut supaya menjadi acuan dalam pembangunan hal yang sama di beberapa lokasi wisata di Indonesia.

“Nanti bakal saya bangun deh yang bagus dari kita (pemerintah). Nanti saya coba siapkan dari sponsor atau pakai anggaran CSR. Pokoknya diusahakan nanti bisa bikin contoh yang bagus mungkin di Taman Safari atau lokasi wisata lainnya,” jelas Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi, di kawasan Ancol, Jakarta Utara, Senin (15/10/2018).

Untuk saat ini, baru Ancol yang telah memiliki tempat istirahat bagi pengemudi bus pariwisata. Ancol merupakan pilot project dari gagasan pemerintah tersebut.

Hal tersebut menjadi krusial lantaran bisa menghilangkan kelelahan para pengemudi yang kerap menjadi biang kecelakaan bus pariwisata.

“Saya juga perlu didukung dari teman-teman pariwisata khususnya pada setiap pendirian lokasi-lokasi wisata kalau bisa nih ya kalau bisa minimal seperti Ancol ini yang sudah kita lihat menyiapkan sarana tempat istirahat bagi pengemudi,” ujar Budi.

Namun demikian, Budi tak bisa menerbitkan aturan yang mewajibkan pengelola lokasi pariwisata untuk membangun tempat istirahat bagi pengemudi tersebut.

Oleh sebab itu, dia berharap agar pemerintah daerah bisa mensosialisasikan hal tersebut kepada para pengelola lokasi pariwisata yang ada di daerahnya.

“Izin itu kan yang memberikan (pemerintah) provinsi jadi minimal mungkin dari pariwisata dari Kemenpar memberikan guidance-lah kepada daerah supaya saat memberikan izin lokasi wisata kalau bisa ada ini (tempat istirahat),” imbuhnya.

Baca Juga:  Gorontalo Mengembangkan Kuliner untuk Tarik Wisatawan