Kementerian Pariwisata Dukung Pentas Seni Budaya Sebagai Daya Tarik Wisata

10
Kementerian Pariwisata Dukung Pentas Seni Budaya Sebagai Daya Tarik Wisata
Ilustrasi (Net)

SERIKATNEWS.COM – Kementerian Pariwisata terus mendukung pengembangan seni dan budaya untuk menjadi daya tarik wisata. Baik seni budaya tradisional maupun ragam seni budaya yang mengkolaborasikan dengan sentuhan modern.

Hal tersebut dikatakan oleh Sekretaris Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran 1, Kementerian Pariwisata, Edy Wardoyo terkait pementasan Wayang Ajen dengan Ki Dalang Wawan Gunawan, di Pusat Pemerintah (IPP) Sumedang, akhir pekan kemarin.

“Kita ingin budaya tidak dibenturkan, tetapi kita sinergikan sehingga menghasilkan karya yang bisa diterima di era teknologi digital sekarang ini,” kata Edy Wardoyo dalam keterangan tertulis.

Wayang Ajen sendiri dikenal selalu melakukan pementasan wayang dengan kemasan yang menarik dan berisi isu-isu terkini. Baik dalam negeri hingga mancanegara.

Wayang Ajen dalam setiap pementasannya juga selalu menampilkan tak hanya kemahiran dalang memainkan wayang, akan tetapi dipadukan dengan unsur teknologi pencahayaan, digital dan humor-humor kekinian.

“Wayang Ajen mensinergikan antara seniman wayang dengan seniman di luar wayang secara harmonis. Juga mensinergikan antara seni tradisi dengan modern yang saling mengisi dan melengkapi” ujar Edy Wardoyo.

Menurutnya, pementasan Wayang Ajen bertujuan untuk melestarikan budaya bangsa dengan memberi kesempatan pada generasi masa kini untuk ikut berkreasi dengan teknologi digital yang mereka kuasai.

Meski banyak muatan modern dan humor kekinian, namun Wayang Ajen juga tidak melepaskan pakem-pakem yang ada pada pertunjukan wayang tradisi umumnya.

“Seperti yang sudah saya katakan, Wayang Ajen mensinergikan seni tradisi dan modern. Jadi ada pakem-pakem yang tetap dipertahankan sebagai pijakan agar tetap menjaga ruh dari pergelaran wayang,” imbuhnya.

Wayang Ajen sendiri sudah sejalan dengan program pariwisata Indonesia. Ia ikut mewarnai dan menjadi aset budaya pariwisata di tanah air dan mancanegara.

Baca Juga:  Pemda DIY Masukkan Industri Gula Semut Sebagai Paket Wisata

“Wayang Ajen tak sekadar menjadi tontonan tetapi juga tuntunan. Wayang Ajen juga bisa mendukung pariwisata Indonesia,” tegas Edy Wardoyo.

Pada pementasan itu Wayang Ajen menyelipkan pesan moral kampanye damai terkait Pilpres 2019 yang disampaikan ki dalang dengan lugas dan jelas. Berbeda pilihan boleh, asal saling menghormati, mengkritisisi boleh, tapi jangan menuduh, jangan saling hujat.

“Ini wayang zaman now, peminatnya sudah banyak dan bisa menjadi media promosi wisata daerah,” ujar Bupati Sumedang Donny Ahmad Munir yang turut hadir dalam pementasan tersebut.