Kementerian Pemuda dan Olahraga Gelar Kompetisi Pemuda Inspiratif

8
Kementerian Pemuda dan Olahraga Gelar Kompetisi Pemuda Inspiratif
Ilustrasi (KOMPAS.com)

SERIKATNEWS.COM – Kementerian Pemuda dan Olahraga akan menggelar Kompetisi Pemuda Inspiratif di empat kota bersamaan dari sisa lima kota.

Empat kota tersebut adalah Kediri, Bandung, Tangerang, dan Gresik yang diselenggarakan serentak 3-4 November. Sementara satu kota terakhir sekaligus penutup adalah Kota Serang yang akan diselenggarakan pada 9-11 November.

Antusiasme sudah terasa sejak technical meeting yang dilaksanakan pada 2 November, meski kompetisi baru dilaksanakan pada keesokan harinya, salah satunya adalah di kota Bandung.

Di kota kembang ini, Pemuda Inspiratif akan digelar di Lapangan Gasmin Antapani. Sementara technical meeting dilaksanakan di DBL Store Cihampelas.

Seluruh perwakilan peserta Pemuda Inspiratif dan supporting event tampak begitu semangat mengikuti jalannya technical meeting. Supporting event yang akan dihadirkan adalah kompetisi band, kompetisi dance, dan Lomba Kreasi Baris Berbaris (LKBB).

Pada kesempatan tersebut, Agung selaku panitia penyelenggara Pemuda Inspiratif Bandung menyatakan bahwa pada gelaran ini setiap ide dan konsep haruslah original.

“Kota Bandung merupakan tempatnya pemuda yang kreatif maka dari itu gelaran ini akan menjadi wadah untuk pemuda bandung menunjukan ide-ide atau konsep kreatif mereka” ujarnya.

Selain di Bandung, technical meeting Pemuda Inspiratif beserta supporting event juga digelar di 3 kota lainnya, yaitu Tangerang (Food Arcade Tangcity Mall), Gresik (balai desa yosowilangon), dan Kediri (Kantor Radar Kediri Gampeng).

Di Gresik, antusiasme juga diperlihatkan perwakilan peserta yang hadir technical meeting. Yang menarik, khusus di Gresik akan ada kompetisi supporting event khusus yakni kompetisi banjar.

“Kompetisi ini kami gelar untuk mengangkat kearifan lokal dan melestarikan budaya,” ujar Yohan Gita, panitia Pemuda Inspiratif Gresik.

Sementara itu, technical meeting di Kediri terbagi atas beberapa sesi. Technical meeting yang digelar lebih dulu adalah Pemuda Inspiratif. Muhammad Wachid Fahmi Mauluddin, panitia Pemuda Inspiratif Kediri mengingatkan peserta agar tampil sesuai waktu yang ditentukan.

Baca Juga:  Jokowi Apresiasi Nobar Piala Dunia 2018 Projo Sulsel

“Setiap peserta kompetisi Pemuda Inspiratif dibatasi waktu penampikan selama 5 menit. Dalam durasi tersebut peserta harus bisa memaparkan ide kreatifnya sekaligus menjawab pertanyaan juri,” ungkapnya.

Kompetisi Pemuda Inspiratif Tangerang akan digelar di Tangcity Mall dengan bintang tamu Last Goal! Party dan Sisitipsi. Sementara di Gresik, kegiatan akan dipusatkan di Tugu I Love GKB dengan menghadirkan Happy Ending Ska dan Ifan serta Herman Seventeen sebagai bintang tamu. Dan Simpang Lima Gumul Kediri menjadi venue Pemuda Inspiratif Kediri dengan bintang tamu Klantink. Di Bandung, Nineball akan menjadi bintang tamu acara. Total puluhan musisi akan terlibat dalam Pemuda Inspiratif yang digelar bersamaan di empat kota tersebut.

Sementara itu, Staf Khusus Kemenpora Zainul Munasichin mengungkapkan bahwa tujuan digelarnya kegiatan ini yakni Kemenpora mencari sosok Pemuda Inspiratif yang memiliki gagasan dan menginspirasi masyarakat.

“Yang kami nilai adalah ide dan gagasan yang orisinal dan mampu memberikan efek terhadap masyarakat luas. Disamping juga ide yang dapat menghasilkan nilai ekonomi. Diharapkan dari program ini lahir pemuda yang memberikan inspirasi,” tuturnya.