Kepada Mbak Veronica Tan

803

Kehidupan memberi kita pelajaran untuk menghadapi berbagai ujian dengan penuh keyakinan, bahwa kita pasti bisa mengatasinya jika kita tetap percaya dengan kekuatan ghaib-Nya.

Jangan bersedih dan menangis, rangkul semua persoalanmu dengan penuh kasih sayang, dan keluarkan ia dari kehidupanmu sebagai layaknya sebuah ujian untuk menjadikanmu lebih matang dan dewasa.

Hati yang engkau kosongkan dari amarah dan benci, pikiran yang engkau jauhkan dari keputus asaan, akan membuatmu melihat dan merasakan dunia yang lebih luas dan cerah, hingga engkau dengan mudah menemukan penyelesaian masalah.

Aku pernah mendengar engkau bertanya tentangku pada sahabat suamimu. Dan inilah aku yang datang padamu melalui tulisanku untuk memberi semangat untukmu dan suamimu. Jangan bercerai, selamatkan rumah tanggamu karena kalian sahabat-sahabat perjuanganku yang harus menjadi teladan bagi mereka yang mencari keadilan.

Apabila ada yang meneror kalian dengan kekerasan, jangan hadapi mereka dengan amarah dan kebencian. Namun beri mereka pendidikan yang baik sampai mereka menemukan kembali kesadarannya.

Kalianlah manusia yang telah Tuhan pilih untuk memberi pencerahan bagi mereka yang lupa pada tanggung jawab kemanusiaannya, jangan berputus asa menghadapi kendala. Semoga Dia yang di langit menghimpun kembali keping-keping hati kalian yang terserak. Kami akan selalu bersama kalian. Salam hormat.

Profesi: Advokat KAI (Kongres Advokat Indonesia). dan Penulis, Serta Pemerhati Politik

Baca Juga:  Mari Meriseit Ungkapan Oleh Anton Dwisunu Hanung Nugrahanto