Opini

KORELASI ANTARA POLITIK DAN PEMUDA

Foto: Wa Ode Rabia Al Adawia

Oleh: Wa Ode Rabia Al Adawia

Dewasa ini, Politik merupakan salah satu aspek yang tidak dapat lepas dari kehidupan sehari-hari kita di dalam bermasyarakat berbangsa dan bernegara. Beberapa pakar bahkan berpendapat bahwa politik merupakan alat untuk menggerakkan suatu Negara.

Perkembangan politik suatu Negara memiliki korelasi yang sangat erat dengan perkembangan suatu Negara. Dapat kita katakan kestabilan politik suatu Negara merupakan salah satu faktor yang mendukung perkembangan serta kesolidan Negara tersebut.

Dalam proses itu sendiri, perkembangan politik dan pemuda adalah hal yang tidak dapat kita pisahkan. Sebab ketika politik mengalami perkembangan peran pemuda sangat dibutuhkan untuk mengawal proses tersebut. Karena pada akhirnya generasi muda adalah orang orang yang akan melanjutkan nasib Negara ini kedepannya.

Tak dapat kita pungkiri bahwa saat ini generasi muda yang sadar akan politik masih jauh dari expectasi kita. Hal itu disebabkan oleh kurangnya pendidikan politik yang tepat dan benar ke masyarakat awam tentang apa makna serta arti politik yang sebenarnya. Sehingga masih banyak pemilih di usia pemula yang tidak menggunakan hak pilihnya atau golput pada saat pemilihan umum dilaksanakan.

Selain itu tindak anarky dan money politic yang dilakukan oleh sebagian pemuda yang tidak melaksanakan kegiatan politik dengan cara yang tepat membuat generasi muda dari kalangan tertentu menjadi salah persepsi tentang makna politik yang hakiki dan menjadi penyebab munculnya kalangan kalangan yang anti terhadap politik.

Namun perlu kita ketahui, keabsenan kita sebagai generesi muda yang kedepannya akan menjadi penerus bangsa ini dalam kegiatan politik serta sikap tidak acuh kita terhadap politik tidak akan membawa Negara ini kearah yang lebih baik.

Justru sebaliknya, dengan pemuda – pemuda penerus bangsa yang buta akan politik justru akan membawa kita kepada kemerosotan bangsa dalam berbagai aspek. Bagaimana Negara kita akan berkembang dan siap bersaing diantara Negara-negara lainnya di dunia jika penerus bangsanya tidak paham dan tidak peduli terhadap perkembangan politik yang sedang terjadi dinegara itu sendiri.
Tidak dapat di pungkiri peran aktif pemerintah dan masyarakat secara keseluruhan dibutuhkan untuk membangun pemahaman politik yang sehat, bersih serta bebas dari money politic.

Sosialisasi merupakan salah satu cara untuk kita meningkatkan kualitas pemahaman pemuda tentang politik. Dengan sosialisasi dan kegiatan kegiatan positif yang mendukung para generasi muda untuk lebih aktif dalam organisasi organisasi politik di masayarakat sehingga terbentuklah generasi muda yang memiliki kesadaran akan politik yang tepat dan benar.

Harus kita akui walaupun banyak pemuda Indonesia yang lebih memilih golput ataupun tidak mau peduli dengan keadaan politik Indonesia serta tidak memiliki pemahaman yang baik tentang politik, tetapi banyak pula para pemuda yang sudah memiliki kesadaran tentang politik dan ikut serta dalam melaksanakan praktik politik.

Hal itu dapat kita lihat dengan mulai berkembangnya organisasi organisasi politik pemuda di masyarakat, serta mulai bertambahnya generasi muda yang menjadi calon wakil rakyat pada pemilihan legislative.

Akhirnya harus kita akui bahwa generasi muda merupakan ujung tobak dari kemajuan suatu bangsa. Karena tanpa adanya generasi muda yang pandai serta paham akan politik maka tak akan terbentuk pula generasi muda yang paham dengan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Bagaimana kita para pemuda dapat melanjutkan kepemimpinan bangsa serta Negara kita jika kita tidak paham dengan keadaan politik Negara kita sendiri. Politik merupakan fondasi dari suatu Negara, jika keadaan politik di suatu Negara baik maka Negara itu akan berkembang menjadi sebuah Negara yang kuat. Sebaliknya jika keadaan politik Negara itu kacau balau maka hal tersebut dapat menjadi penyebab dari runtuhnya suatu Negara.

Sehingga sudah menjadi tugas kita sebagai generasi penerus bangsa untuk mulai belajar dan turut berperan aktif dalam kegiatan politik demi terciptanya fondasi Negara yang kuat dan siap bersaing pada kancah Internasional.

*Penulis Adalah DPP AMPI (DEWAN PIMPINAN PUSAT
ANGKATAN MUDA PEMBAHARUAN
INDONESIA), Bendahara Bidang Pemberdayaan Perempuan.

To Top