Krisis Nasionalisme?

249
Foto: Dokumen Pribadi
Foto: Dokumen Pribadi

Oleh: Jeannie Latumahina*

Suatu bangsa didirikan pasti mempunyai kebersamaan tujuan, kebersamaan jiwa! tentang bagaimana mewujudkannya?
” Hasrat dan jiwa!”itu disebut “nasionalisme!
Spirit nasionalisme ini yang sering didengungkan oleh Bapak Proklamator kita! Bung Karno! Sangat jelas dalam pidato- pidatonya , Bung Karno jelas membedakan ” kita dan mereka!” Mereka adalah para penjajah !! Kita adalah NKRI!! Tidak lain tujuan Bapak Proklamator RI , Bung Karno  adalah untuk menggelorakan dan mengakarkan  semangat Nasionalisme!!!Dan berhasil !!Indonesia Merdeka!!

Tugas kita saat ini  melanjutkan semangat Nasionalisme!yang telah diperjuangkan oleh pendiri republik ini!Nasionalisme tidak cukup melalui sebuah proklamasi.Nasionalisme lahir dalam proses pendidikan yang berlangsung tanpa akhir.Pendidikan kebangsaan atau nation bulding berlangsung terus menerus!!
Membina Nasionalisme merupakan doa dan sekaligus tugas kita , tiap warga negara.Hal ini terungkap dalam lagu kebangsaan kita Indonesia Raya!

Inspirasi komponis W.R Supratman yang menciptakan lagu ini pada tahun 1928..Tanah yang sudah ada masih harus kita hidupkan sebagai negeri.Rakyat yang sudah ada mesti kita hidupkan menjadi bangsa.Badan yang sudah ada masih harus kita hidupkan menjadi jiwa.Tanah, rakyat dan badan merupakan apa yang sudah ada.Sedangkan negeri, bangsa dan jiwa merupakan apa yang harus kita adakan dan perjuangkan untuk INDONESIA RAYA! Kita  menghidupkan tanah,rakyat dan badan bukan untuk Indonesia bagian tertentu, golongan tertentu! melainkan untuk Indonesia Raya! yaitu INDONESIA DALAM KESELURUHANNYA DAN KEUTUHANNYA!!

Seperti yang diinginkan oleh pendiri Republik ini!Bung Karno !!semangat nasionalisme ini harus tetap dihidupkan! Mereka akan menangis melihat: kelompok tertentu yang sibuk memperkaya diri sendiri dengan merampok uang rakyat!Golongan Agama tertentu sibuk mencari kekuasaan untuk diri sendiri!!Golongan tertentu hanya sibuk memperjuangkan kemajuan diri sendiri!!INI BUKAN NASIONALISME! MELAINKAN PRIMORDIALISME!! INILAH KRISIS NASIONALISME!!Dan menurut pemikiran saya inilah krisis yang paling mengerikan di negeri ini,karena semakin banyak orang mati hati nuraninya.Sudah tidak punya rasa malu atau rasa bersalah.

Baca Juga:  Gejolak Ekonomi, Kebangkitan Islam dan Gerakan Padri: Minangkabau 1784-1847 (Seri INIS #12)

Jika kita berwawasan nasional, maka kepentingan yang diperjuangkan bukanlah untuk Indonesia golongan tertentu, kepentingan tertentu melainkan untuk Indonesia Raya, yaitu Indonesia dalam keseluruhannya dan keutuhannya!!Semoga menjadi inspirasi dan perenungan kita bersama terhadap persoalan kebangsaan ! Untuk tetap semangat dalam memperjuangkan dan mengakarkan semangat Nasionalisme!MERDEKA!!

*Penulis adalah Ketua Forum solidaritas kebangsaan Kediri Raya. Ketua LSM Kekuatan Hati ( LSM yg bergerak utk anak2 Indonesia .)