Liverpool Jadi Kandidat Juara Liga Primer

15

SERIKATNEWS.COM – Liverpool berhasil menekuk Newcastle United 4-0 tadi malam. Tiga poin di Anfield tersebut menegaskan status The Reds sebagai kandidat kuat penguasa Liga Primer musim ini.

Berdasarkan hasil ini, The Reds kukuh di puncak klasemen dengan koleksi 51 poin, atau memimpin enam angka dengan pesaing terdekatnya, Tottenham Hotspur. Liverpool membuka keunggulan lewat aksi Dejan Lovren pada menit ke-11.

Setelah turun minum, tuan rumah memperlebar ke dudukan lewat titik putih yang dieksekusi oleh Mohamed Salah. The Reds semakin menunjukkan dominasinya setelah Xherdan Shaqiri dan Fabinho mengoyak jala New castle.

Sebelum menjamu The Magpies julukan Newcastle Nakhoda Liverpool Juergen Klopp dibuat gerah. Pria berpaspor Jerman tersebut murka lantaran pasukannya dianggap tidak akan bisa mempertahankan puncak klasemen Liga Primer hingga akhir musim nanti. Setelah memukul pasukan Rafael Benitez, Klopp pun kembali bersuara.

“Saya selalu bangga melihat permainan mereka (pemain Liverpool). Mereka selalu bermain untuk hasil maksimal,” ujar Klopp selepas laga.

Sudah menjadi rahasia umum jika The Reds memiliki catatan buruk saat menyandang status sebagai juara paruh musim. Setelah mayoritas mengepak hasil maksimal di 18 laga pertama musim, berikutnya Liverpool kerap tersandung dan di ujung musim harus ikhlas menyaksikan pesaing mereka memeluk trofi Liga Primer.

Pada musim 2008/2009 dan 2013/2014 misalnya. Di dua musim itu The Reds jemawa bisa berjaya di Negeri Ratu Elizabeth II setelah menjadi juara paruh musim.

Bahkan, sejak era Liga Primer, The Reds sudah empat kali menguasai puncak klasemen hingga Boxing Day, tapi tak sekali pun berhasil finis sebagai juara. Pada 2008/2009, Manchester United (MU) berhasil menyalip dan tampil sebagai kampiun di akhir musim.

Baca Juga:  Kulon Progo Memiliki Klub Sepak Bola Profesional

Berikutnya, pada 2013/2014, giliran tim dari Kota Manchester lain, The Citizens julukan Man City yang berkuasa di Liga Primer. Namun, kemenangan atas Newcastle United tadi malam menegaskan bahwa The Reds merupakan tim yang berbeda dibandingkan dua musim tersebut. Klopp pun mengatakan fans sejati Liverpool bakal menghargai perjuangan anak asuhnya sepanjang kompetisi.

“Anda tak bisa sukses dalam olahraga apa pun di dunia tanpa rasa lapar. Tetapi jika Anda ingin memiliki jaminan kemenangan, pergi saja ke bidang olahraga lain,” ujar Klopp.

Pada laga Liga Primer lain, Man City harus menelan pil pahit lantaran dipermalukan Leicester City 1-2. Akibat hasil ini, anak asuh Pep Guardiola harus menyerahkan posisi kedua klasemen kepada Tottenham Hotspur, di saat bersamaan menggilas AFC Bournemouth 5-0.

Kemenangan juga menjadi milik MU. Pada pertandigan kedua Ole Gunnar Solskjaer sebagai pelatih, Paul Pogba dkk. menaklukkan Huddersfield Town dengan skor akhir 3-1.