Luka Modric Raih Ballon d’Or 2018, Akhiri Dominasi Ronaldo-Messi

18
Luka Modric Raih Ballon d'Or 2018
Ilustrasi (Net)

SERIKATNEWS.COM – Luka Modric, Gelandang Real Madrid dan tim nasional Kroasia, terpilih sebagai pemain terbaik Ballon d’Or 2018 di Grand Palais, Paris, Selasa (4/12/2018) dini hari WIB. Dia menjadi pemain perdana yang meraih gelar tersebut setelah dominasi Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo sejak 2008 lalu.

Hasil ini cukup mengejutkan, mengingat Messi dan Ronaldo juga berada dalam jajaran nominator gelar pemain terbaik yang diusung oleh media France Football itu. Keberhasilan Modric bersama tim nasional Kroasia di Piala Dunia 2018 tampaknya menjadi salah satu penyebab Ballon d’Or jatuh ke tangannya.

Modric berhasil membawa Vetreni menjadi finalis kompetisi bergengsi tersebut, walau tak diunggulkan. Kroasia memang gagal menjadi juara usai dikalahkan Prancis 2-4 di partai puncak, namun pencapaian itu sebuah terobosan baru untuk negara pecahan Yugoslavia tersebut.

Peran Modric pun sangat krusial di turnamen itu, karena dia nyawa permainan Kroasia. Penampilannya dengan Madrid pun konsisten, di mana dia membawa klubnya meraih 3 gelar Liga Champions secara beruntun.

Ironisnya, pada gelaran tahun ini nama Messi tak masuk dalam posisi tiga besar, karena berada di urutan kelima. Padahal sejak 2007, namanya selalu berada di posisi tersebut. Kali ini, Ronaldo menempati posisi kedua, Antoine Griezmann di tempat ketiga dan Kylien Mbappe di posisi keempat.

Untuk Mbappe, dia berhasil menjadi peraih Kopa Trophy, atau gelar pemain terbaik U-21 Ballon d’Or. Pemain 19 tahun itu mengalahkan Pemain muda Liverpool Trent Alexander-Arnold, yang menempati posisi kedua.

Keberhasilan Mbappe membawa Prancis menjadi juara Piala Dunia 2018 menjadi alasan kuat dia meraih gelar ini. Mantan pemain AS Monaco tersebut juga memiliki peran penting dalam keberhasilan Paris Saint-Germain meraih gelar treble di kompetisi domestik musim lalu.

Baca Juga:  Sang Juara Piala Dunia antar Club 2017 di Pencundangi Barca di Rumah sendiri

Sementara itu, gelar pemain terbaik wanita Ballon d’Or jatuh ke tangan pemain Olympique Lyon dari Norwegia Ada Hegerberg. Wanita berusia 23 tahun itu berhasil membawa timnya menjuarai Liga Wanita Prancis dan Liga Champions Wanita.