Membaca Indonesia dari Pojok Sekolah

262
Foto:Angkringan Literasi # 1
Foto:Angkringan Literasi # 1

Permasalahan literasi merupakan fenomena gunung es dalam dunia pendidikan di Indonesia. Sayangnya, isu ini jarang diperhatikan, dan belum menjadi sebuah gerakan bersama untuk mengatasinya. Tanggung jawab peningkatan kemampuan literasi anak Indonesia bukan hanya semata oleh pemerintah, tetapi khalayak umum dan juga sektor swasta.

Pemerintah melalui program kurikulum 2013 mengamanatkan sekolah sebagai institusi pendidikan untuk berperan lebih dalam implementasi gerakan literasi melalui Gerakan Literasi Sekolah. Berbicara hal itu tentunya sekolah sebagai institusi pendidikan wajib mengapresiasi upaya pemerintah dalam mencerdaskan bangsa melalui literasi. Gerakan literasi sendiri pada dasarnya adalah upaya menumbuhkan minat baca tetapi dalam konteks dunia pendidikan gerakan literasi sekolah dikemas lebih luas lagi dalam kegiatan kegiatan yang mendorong tumbuhnya budaya literasi.

SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo dalam hal ini mengapresiasi upaya penumbuhan budaya literasi, tetapi tentunya sekolah dalam hal ini harus membekali kepada pendidik dan peserta didik dengan pemahaman lebih berkaitan konsep dasar literasi dari berbagai sudut pandang. Sekolah mengemas sosialisasi gerakan literasi sekolah ini menjadi sebuah acara yang kita namakan Angkringan Literasi #1 dengan mengambil tema “ Membaca Indonesia dari pojok sekolah “. Kegiatan Angkringan literasi ini akan diadakan rabu 20 September 2017 pukul 18.30 WIB sampai dengan pukul 22.00 WIB di Taman Sekolah SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo .

Foto: Angkringan Literasi # 1

Kegiatan ini akan diikuti oleh 200 peserta dari dalam sekolah maupun dari luar sekolah. Sebagai pemateri dalam kegiatan ini sekolah mengundang tiga narasumber diantaranya yang pertama Tri Joko Pranoto S.IP selaku Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Purworejo, kedua Suroto S Toto pengelola Rumah Baca KOBAR kalimiru juga aktivis Bagelen Movie Community ,dan yang ketiga Mahestya Andi Sanjaya dari Perpustakaan Jalanan Purworejo.

Baca Juga:  Belajar "Membaca"

Acara angkringan literasi sendiri dikemas dengan konsep talkshow dan diskusi. Angkringan sendiri kita angkat sebagai konsep dengan harapan suasana santai akan dapat menyamankan peserta untuk dapat menerima materi. Untuk mencairkan suasana juga akan diisi perform musik akustik dari teman teman Sagakustik. Selain itu juga akan ada pemutaran film dokumenter “ Sayap Garuda di Hargorojo “ yang bercerita tentang keberagaman dalam masyarakat.

Dengan diselenggarakan angkringan literasi ini diharapkan dapat meningkatkan minat baca siswa dan kompetisi disetiap kelas dalam rangka mendorong gerakan literasi sekolah. Lebih lanjut diharapkan siswa SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo dapat mengekspresikan diri melalui kegiatan kegiatan yang kreatif dan inovatif.

Penulis: M. IQBAL