Mengejutkan! Jokowi Mendeklarasikan Ma’ruf Amin sebagai Cawapres

58

SERIKATNEWS.COM- Mahfud MD sempat santer dikabarkan menjadi cawapres Joko Widodo, akan tetapi secara mengejutkan ada perubahan.

“Ya saya nemenin Mahfud sambil nunggu transit, kan katanya mau deklarasi di situ (Restoran Tesate). Tiba-tiba ada perubahan,” sebut politikus Golkar, Nusron Wahid, Kamis (9/8/2018).

“Aku masih di Tesate. Pak Mahfud udah pulang ke Kramat,” imbuhnya.

Tesate terletak tak jauh dari tempat pengumuman deklarasi capres-cawapres Jokowi, yaitu Plataran Menteng. Mahfud sempat menggelar konferensi pers di sana.

Perubahan nama calon wakil presiden yang akan mendampinginya sebagai calon wakil presiden dalam Pemilihan Presiden 2019 telah diungkapkan oleh Joko Widodo. Adapun cawapres yang ditunjuk Jokowi adalah KH. Maruf Amin, Ketua Majelis Ulama Indonesia.

Hal ini diungkap Jokowi dalam konferensi pers usai bertemu ketua umum dan sekretaris jenderal partai politik pendukungnya di Restoran Plataran, Menteng, Jakarta, Kamis (9/8/2018).

“Saya memutuskan dan telah mendapat persetujuan dari partai-partai koalisi yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Kerja bahwa yang akan mendampingi sebagai calon wakil presiden adalah Profesor Kiai Haji Ma’ruf Amin,” ujar Jokowi.

Menurut Jokowi, keputusan ini telah ditandatangani oleh sembilan ketua umum dari partai politik pendukungnya. Adapun tokoh partai politik yang hadir dalam pertemuan ini antara lain; Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar. Selain itu, Ketua Umum PPP Muhammad Romahurmuziy, Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia Grace Natalie, Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo, dan Ketua Umum PKPI Diaz Hendropriyono.

Selain itu, Ketua Umum PPP Muhammad Romahurmuziy, Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia Grace Natalie, Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo, dan Ketua Umum PKPI Diaz Hendropriyono. Sedangkan sembilan sekjen yang hadir, yakni Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, Sekjen Partai Golkar Lodewijk Paulus, Sekjen Partai Nasdem Johnny G Platte, Sekjen PKB Abdul Kadir Karding. Selain itu, Sekjen Partai Hanura Herry Lontung, Sekjen PPP Asrul Sani, Sekjen PSI Raja Juli Antoni, Sekjen Partai Perindo Ahmad Rofiq dan Sekjen PKPI Verry Surya Hendrawan

Baca Juga:  Kang Emil Mulai Kampanyekan Jokowi-Ma'ruf di Jawa Barat

Sedangkan, pendaftaran baru akan dilakukan besok, Jumat (10/8/2018) ke Gedung KPU.