Hukum

MK Tolak Tujuh Perkara Permohonan Uji Materi Perppu Ormas

Ilustrasi (Foto: dokumen)

SERIKATNEWS.COM– Mahkamah Konstitusi (MK) akan memutus tujuh perkara permohonan uji materi Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang Organisasi Kemasyarakatan (Perppu Ormas).

“Ya, hari Selasa (12/12) Mahkamah akan memutuskan tujuh perkara uji materi Perppu Ormas,” ujar juru bicara MK Fajar Laksono di Jakarta, Selasa, Mengutip dari Infonawacita.com (12/12/17).

Ketujuh perkara tersebut adalah; 1. Permohonan nomor perkara 38/PUU-XV/2017 diajukan oleh Afriady Putra.

2. Permohonan nomor perkara 39/PUU-XV/2017 diajukan oleh Juru Bicara Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) Ismail Yusanto.

3. Permohonan nomor perkara 41/PUU-XV/2017 diajukan oleh Aliansi Nusantara.

4. Permohonan nomor perkara 48/PUU-XV/2017 diajukan oleh Yayasan Sharia Law Alqonuni.

5. Permohonan nomor perkara 49/PUU-XV/2017 diajukan oleh Persatuan Islam.

6. Permohonan nomor perkara 50/PUU-XV/2017 diajukan oleh Juru Bicara Front Pembela Islam (FPI) Munarman bersama empat organisasi keagamaan, yakni Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia, Yayasan Forum Silaturahmi Antar Pengajian Indonesia, Perkumpulan Hidayatullah, dan Perkumpulan Pemuda Muslimin Indonesia.

7. Permohonan nomor perkara 52/PUU-XV/2017 diajukan oleh Advokat Cinta Tanah Air (ACTA), yakni Herdiansyah dan Ali Hakim Lubis.

Telah Disetujui

Fajar menjelaskan bahwa tujuh perkara ini tidak bisa dilanjutkan mengingat peraturan tersebut telah disetujui untuk disahkan menjadi undang-undang dan telah mendapatkan nomor.

“Kalau Perppu sudah disahkan apalagi sudah diberi nomor, gugatan terkait Perppu ini tidak lagi memiliki objek,” kata Fajar.

Perppu Ormas disetujui DPR untuk menjadi undang-undang dalam Rapat Paripurna DPR RI pada Selasa (24/10), melalui mekanisme voting setelah gagal mencapai musyawarah mufakat. (SMH)

Popular

SerikatNews.com adalah portal media Online, sebagai wadah media kritis anak bangsa yang menerjemahkan visi, mencerahkan itu sebagai keharusan, menyajikan tulisan-tulisan jernih dan transfomatif. SerikatNews.com merupakan media yang menyajikan berita-berita yang terpercaya sesuai dengan kaidah-kaidah jurnalistik. Media SerikatNews.com bergerak diranah kampus bermaksud untuk membangun secara kolektif nalar kritis mahasiswa yang hari ini sudah banyak terkoptasi dengan dunia hedonisme. SerikatNews.com tidak memihak terhadap kepentingan satu golongan baik ras, suku, partai politik bahkan agama! Salam Tim Redaksi SerikatNews.com.

Copyright © 2017 Serikatnews.com - All Rights Recerved

To Top