Ngaji Medsos Sumenep: Solidkan Kader Muda NU dalam Bermedsos

356

Sumenep, SERIKATNEWS.COM – Minggu (17/12), Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam) PCNU Sumenep selenggarakan pelatihan media sosial atau yang lebih dikenal dengan istilah Ngaji Medsos Sumenep. Kegiatan ini melibatkan beberapa Badan Otonom (Banom) di antaranya, GP Ansor dan IPNU-IPPNU. Ada juga beberapa komunitas kajian yg dilibatkan seperti Gusdurian Sumenep dan PMII. Sehingga jumlah keseluruhan peserta mencapai 26 orang.

Tak hanya itu, kegiatan yg mengangkat tema “Merajut Kebersamaan, Mewujudkan Tradisi Bermedsos yang Berkeadaban” mendatangkan Tim LTN NU Jatim untuk mengisi pelatihan ini yang direncanakan akan selesai pada Minggu malam, 23:00 WIB.

Pasalnya, kegiatan ini dilakukan sebagai upaya untuk menangkal beberapa isu-isu hoax tentang NU yang merajalela di media sosial. Ahmad Saheri, Direktur Lakpesdam NU Sumenep menegaskan “Sejak awal memang harus sudah disiapkan kader-kader muda NU yang siap mengelola akun-akun media sosial dan menyebarluaskan nilai-nilai ke-NU-an agar bisa dikonsumsi oleh khalayak umum. Jika dibiarkan, dalam artian, kita diam saja, maka mereka yg memang bertujuan untuk merong-rong NU baik secara kultural maupun struktural akan semakin membabi-buta. Barangkali ini juga menjadi bagian dari jihad kita. Jadi mari kita bermedsos dengan lebih terarah” ujarnya saat memberikan sambutan pada pembukaan Ngaji Medsos Sumenep.

Berbeda dengan pelatihan pada umumnya, seluruh peserta Ngaji Medsos Sumenep ini nantinya akan dijadikan Tim Cyber NU Sumenep yang kemudian akan ditempatkan dibeberapa Job.

Irwan Sujatmiko, Diskominfo Sumenep yang juga terlibat di kegiatan ini telah mengonsep sedemikian rupa terkait Tim tersebut.

“Nantinya akan ada tiga tim khusus untuk mengelola Cyber kita di NU, ada yg bertugas menyiapkan materi post, lalu di tim selanjutnya bertugas membuatkan video, meme, pamflet dst. Kemudian di tim yg terakhir ini akan nge-share ke seluruh kader-kader NU Jawa Timur. Saya kira ini sangat bisa kita lakukan ketika melihat dari seluruh peserta yang memang telah memiliki keahlian di berbagai bidangnya”. Tandas lelaki yang juga Alumni PKP NU itu saat merembuk pelaksanaan Ngaji Medsos Sumenep ini di kediaman Ekoyanto, Ganding, salah satu pengurus Lakpesdam. (IA/MKR

Baca Juga:  SDM Unggul Kunci Menangkan Kompetisi Global