Literasi

ONE PUNCH PRESIDENT

Foto: Biro Pers Setpres

Oleh: Aldinshah Vijayabwana

Penggemar anime pasti tidak asing dengan anime One Punch Man. Mengisahkan seorang pahlawan super kuat bernama Saitama, yang bisa menghancurkan musuhnya dengan sekali pukulan, anime ini menceritakan kisah-kisah Saitama dalam menjadi pahlawan.

Saitama ini seorang yang berkepala botak dan berbadan kurus. Penampilannya tidak mencerminkan bahwa dia ini orangnya sangat kuat. Lawan-lawan Saitama selalu meremehkannya.

Gaya bertarung Saitama unik. Saitama selalu membiarkan lawannya ngomong banyak, menyombongkan kekuatannya. Dia bahkan membiarkan lawannya berubah menjadi bentuk paling kuatnya dulu. Tiba-tiba, Saitama menyelesaikan lawannya dengan serangan-serangan simpel. Seringkali ketika lawannya masih sibuk menyombongkan kekuatan, Saitama langsung menyelesaikannya dengan sekali pukulan. Itulah kenapa dia dijuluki ‘One Punch Man’.

Seems familiar? Yup. Presiden kita, Jokowi, juga tipikalnya seperti itu.

Jokowi membiarkan lawan-lawan politiknya ngomong semau pusarnya sendiri dulu. Berakrobat sampai jungkir balik menyerang beliau. Tiba-tiba Jokowi, tanpa banyak bicara, melakukan hal-hal yang di luar dugaan, ‘memukul balik’ serangan dari lawan-lawan politiknya. Bahkan dalam berbagai kesempatan, beliau melakukannya dengan ekspresi wajah yang biasa-biasa saja.

Contoh paling fenomenal, Jokowi diam saja ketika Pak Mantan lagi Tour de Java, dan menyindir-nyindir pemerintah saat itu. Tahu-tahu Jokowi datang ke proyek wisma atlet Hambalang sebagai ‘balasan’.

Baru-baru ini, Jokowi diam saja waktu dituduh PKI, dituduh membangkitkan PKI. Ketika Panglima TNI mau bikin nobar G30S/PKI, beliau cuma bilang “Ya bagus, kalau bisa dibuatkan juga versi milenialnya.” Tahu-tahu ikut nobar G30S/PKI, mematahkan anggapan-anggapan itu. Sementara si Panglima TNI malah ada di acara lain.

Manuver-manuver Jokowi, selain strateginya tepat, juga sangat telak. Makanya tidak salah jika beliau saya sebut “One Punch President”.

Popular

SerikatNews.com adalah portal media Online, sebagai wadah media kritis anak bangsa yang menerjemahkan visi, mencerahkan itu sebagai keharusan, menyajikan tulisan-tulisan jernih dan transfomatif. SerikatNews.com merupakan media yang menyajikan berita-berita yang terpercaya sesuai dengan kaidah-kaidah jurnalistik. Media SerikatNews.com bergerak diranah kampus bermaksud untuk membangun secara kolektif nalar kritis mahasiswa yang hari ini sudah banyak terkoptasi dengan dunia hedonisme. SerikatNews.com tidak memihak terhadap kepentingan satu golongan baik ras, suku, partai politik bahkan agama! Salam Tim Redaksi SerikatNews.com.

Copyright © 2017 Serikatnews.com - All Rights Recerved

To Top