Pancasila di Era Millenial

25

SERIKATNEWS.COM – Pancasila sebagai ideologi tunggal bangsa Indonesia, telah mampu mengikat keberagaman masyarakat Indonesia menjadi satu kesatuan, yakni bangsa Indonesia.

Sebagai ideologi tunggal serta falsafah kehidupan berbangsa dan bernegara, tentunya telah menjadi keharusan bagi masyarakat Indonesia khususnya para pemuda untuk merawat dan meruwat Pancasila supaya tidak tergerus oleh zaman yang semakin hari semakin naif, karena penjajahan teknologi yang mengkonstruk masyarakat menjadi individualistik.

Merespon persoalan di atas, Dewan Eksekutif Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga, dalam rangka Pekan Pancasila dan Bela Negara, menyelenggarakan diskusi interaktif di Roemah Pantjasila yang bertema “Pancasila dalam Perspektif Generasi Millenial” pada Selasa malam (30/10/2018), bertempat di Poliklinik UIN Sunan Kalijaga.

“Pancasila sudah final beserta nilai-nilainya. Pada masa yang serba modern ini, kita selaku generasi millenial harus mampu mengimplementasikan Pancila terhadap zaman yang serba baru ini,” ujar ketua HMI MPO, Rahmatsya, selaku narasumber.

Hal serupa juga disampaikan oleh ketua GMNI UIN Sunan Kalijaga, Nazaruddin Ali selaku narasumber, bahwa tak lain dan tak bukan yang menjadi harapan kita terhadap Pancasila adalah merdeka, oleh karenanya Pancasila lahir sebelum kemerdekaan. Pancasila adalah pergumulan akal sehat; harapan Pancasila jika kita tarik pada akar persoalannya adalah, Merdeka secara politik, dan merdeka secara ekonomi.

“Di akun-akun sosial media, kita sering membaca postingan ‘saya Pancasila, saya Indonesia’ postingan tersebut justru memiliki nilai yang negatif, jika hanya sebatas ujaran, tidak sampai pada sebuah tindakan,” HMI DPO.

Harapan Indonesia menjadi negara sendiri, menjadi bangsa yang besar telah tercapai hingga saat ini. Namun bagaimana kita yang hidup di zaman millenial ini, mempertahankan dan memperjuangkan Indonesia selanjutnya dengan nilai Pancasila yang inheren dalam setiap jiwa masyarakat Indonesia.

Baca Juga:  Perempuan Nelayan di Negara Maritim

Dengan demikian, mari kita teriakkan serentak bahwa kita adalah Pancasila, bahwa kita adalah generasi yang mampu mengimplementasikan nilai Pancasila hingga akhir hayat.