Pemilu Pertamamu? Pilih Yang Terbaik

200

Memutuskan kandidat mana yang akan dipilih padaPemilu bagi sebagian orang sesederhana memilih partai. Namun, dengan sistem multi-partai yangkita anut, dimana mayoritas partai politik memiliki kesamaan dalam ideologi maupun dalam beretorika tentang kesejahteraan dan pembangunan. Dengan memilih berdasarkan afiliasi partai berarti kita tidak memanfaatkan dengan maksimal kesempatan untuk mendapatkan wakil rakyat dan kepala negara yang terbaik. Cara terbaik menentukan pilihan dalam sebuah demokrasi adalah berdasarkan kualitas dan karakter individu yang akan kita pilih. Berikut adalah 5 karakter utama yang melekat pada para politisi dan negarawan terbaik di dunia.

Kejujuran
Bersikap jujur sering sulit. Seseorang menjadi rentankarenanya. mengungkapkan siapa kita sesungguhnya, kesalahan-kesalahan kita di masa lalu, bahkan hubungan pribadi kita dengan orang-orang memberiruang untuk serangan kritik dan penolakan. Kejujuranmembangun kredibilitas dan karakter, yang menjadi fondasi yang membangkitkan kepercayaan dan respekdari orang-orang sekitar, dan khususnya rekan/kolega dan konstituen/pemilih bagi para politisi.

Empati
Empati adalah karakter manusia yang memahami penderitaan orang lain dan ingin melakukan sesuatu untuk meringankan penderitaan itu. Sementara banyak orang melihat rasa empati yang tinggi sebagai kelemahan, padahal tanpa empati, ilmu takkan mampu menjadi produk yang bermanfaat bagi orang banyak. Politisi yang punya rasa ini dapat melihat kebutuhan masyarakat sebagai pertimbangan ketika membuat sebuah kebijakan politik, sehingga outputnya memberi kesejahteraan bagi semua.

Integritas
Integritas kata didefinisikan sebagai ‘ketaatan pada prinsip moral dan etika; nilai nilai yang dianut masyarakat’. Politisi yang memiliki integritas dapat dipercaya karena dia tidak pernah melawan suara hati nuraninya, bahkan ketika itu mungkin bermanfaat bagi mereka bila melakukannya.

Kredibilitas/Kepercayaan
Memiliki keyakinan pada seorang politisi bahwa dia akan melakukan hal-hal yang benar, tepat, juga efektif. Seorang pemimpin yang berkualitas adalah yang meyakini kemampuannya. Pemimpin yang memiliki kualitas ini menginspirasi dan memotivasi masyarakat untuk bersama membangun bangsa.

Baca Juga:  Carut Marut Pengelolaan Haji Umroh Tanggung Jawab Siapa

Luwes
Tingkat keluwesan seorang politisi dapat dilihatdari caranya melakukan negosiasi politik/lobi dan kemampuan untuk menemukan landasan bersama yang realistis. Politisi yang handal adalah pendengar yang baik, ia tidak hanya pandai berargumen tapi juga mempelajari apa yang menjadi kebutuhan/keinginan banyak pihak untuk mencapai sebuah kesepakatan bersama.

Sifat ini memungkinkan seorang politisi untuk dapat melihat kekurangan dalam dirinya, juga dalam cara yang ia tempuh dalam berpolitik. Politisi yang ideal memiliki semua kualitas ini – dan masih banyak lagi. Mereka menghargai perbedaan pandangan, menganalisa masalah secara mendalam, dan mencari solusi terbaik – tidak berdasarkan kesetiā€ aan kepada partai politik, melainkan berdasarkan apa yang terbaik demi kepentingan bangsa dan negara.

Sekjen Pengurus Besar (PB) Indonesia Muda