Pemuda; Bangunlah Jiwanya, Bangunlah Badannya

232

Oleh: J. Rifa’i

Peran pemuda dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia sangat membutuhkan kesabaran dan perlawanan terhadap para penjajah yang ingin merusak kondisi Indonesia. Karena permulaan revolusi Nasional Indonesia pada tahun 1945 adalah gerakan yang sangat jelas terhadap negara. Artinya, pemuda mempunyai peran penting dalam peristiwa itu. Bahkan kalangan pemuda mampu menciptakan tatanan sosial tersendiri, sehingga masyarakat berharap para pemuda lah yang mampu membawa perubahan pada negeri ini.

Tanpa kita sadari, bahwa kalangan pemuda sudah di konstruk oleh faktor sosial sejak mereka lahir. Pendidikan pertama yang diterima adalah pendidikan keluarga. Dari situlah ada kesadaran yang timbul dalam hati nurani seorang pemuda dalam menerima tantangan zaman global.

Kedudukan dan peran pemuda memang sangat vital dalam pembangunan, terutama didaerahnya sendiri. Sebab, segala sesuatu yang berawal dari tanah akan kembali ke tanah, kata Sutarji Colzumbahri. “Pantas kemudian jika ada anggapan masa depan bangsa (desa) ada di tangan pemuda, di pundak merekalah harapan dan cita-cita bangsa ini digantungkan, pemuda dituntut untuk berperan aktif dan tampil di garda terdepan pembangunan bangsa dan daerah, baik fisik maupun mental spiritual atau karakter“. Bangunlah jiwanya, bangunlah badannya, untuk pembagunan daerah dan bangsa Indonesia.

Sejarah membuktikan, bahwa gagasan revolusi Sukarno dan Hatta adalah gambaran perubahan dan semangat bangsa, karena pemuda lah yang menjadi pendobrak dan penentu jalannya sejarah bangsa ini. Dengan begitu saya tidak ragu lagi pada pemuda-pemuda daerah hususnya Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur yang sudah di beri pondasi keilmuan dalam membagun negara maupun membangun daerah yang lebih maju. Perubahan yang seperti itu yang selalu di tunggu-tunggu oleh kalangan masyarakat demi menjalin kehidupan yang selalu harmonis.

Baca Juga:  Persatuan dalam Keragaman

Para pemuda adalah tangan panjang masyarakat yang selalu semagat dalam menyampaikan aspirasi masyarakat kepada pemerintah, maupun pemerintah daerah. karena karakter dan semangat para pemuda tetap terjaga maka, dalam waktu relatif singkat pemuda mampu membagun perubahan dalam suatu pemerintahan lokal hususnya di daerah Kabupaten Probolinggo. Sebaliknya, bagi daerah-daerah yang mengalami kehancuran karakter, terutama karakter pemudanya maka akan hancur pula masa depan dan peradaban daerah itu. Selama matahari masih terbit dari arah timur, selama bumi ini masih dihuni manusia, selama karakter bangsa Indonesia masih terjaga, dan selama pemuda masih tampil di garda terdepan dalam pembangunan bangsa dan daerah, selama itu Ideologi negara masih utuh, insha allah abadi selama-lamanya.

Kebangkitan Pemuda Probolinggo

Sebagaimana yang telah dipaparkan di atas bahwa, sejarah Indonesia adalah sejarah para pemuda yang menjadi pendobrak dan penentu jalannya sejarah bangsa ini. Begitupan dalam pembagunan di pemerintaha daerah khusunya Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur di kalau kalangan pemuda daerah Kabupaten Probolinggo tidak mempunyai karakter dan semangat dalam membangun daerah Kabupaten Probolinggo maka hancurlah daerah tersebut.

Di provinsi, kota-kota kecil hususnya di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Pemerintahan daerah disana masih meragukan kalangan pemuda, karena para pemuda disana masih belum mempunyai daya tarik yang sekiranya mampu menyadarkan pemerintah probolinggo. Maka dari itu para pemuda harus memberi pemahaman tentang sejarah kemerdekaan Indonesia agar mampu menciptakan pembagunan-pembagunan yang lebih objektif dan mampu membawa perubahan di Probolinggo yang nyata.

Para pemuda-pemuda probolinggo sudah banyak merasakan pendidikan dari Sekolah Dasar sampai keperguruan tinggi. Dengan bekal ilmu yang sudah memberikan pondasi terhadap para pemuda maka ada daya tarik untuk membangun pemerintahan di Probolinggo seperti membuat perpustakaan lokal, melestarikan budaya-budaya Probolinggo seperti seni, dan kreatifitas yang lain. Semua itu muncul dari karakter dan kesadaran para pemuda yang selalu peka terhadap lingkungan daerahnya.
Kita, para pemuda-pemuda probolinggo inggin selalu membawa perubahan yang di harapkan oleh masyarakat. Membangun daerah probolinggo yang lebih bagus untuk di jadikan kacamata oleh daerah-daerah lokal yang berada di negara Indonesia ini. Kalau pemuda sudah mempunyai gagasan yang seperti itu apakah pemerintah daerah mampu menerima dengan senang hati?.

Baca Juga:  Mengapa Penetapan Capres- Cawapres 2019 dari Kubu Oposisi Seret? 

Keberadaan para pemuda daerah selalu mempunyai gagasan yang cemerlang dalam perubahan suatu daerah. Maka dari itu, keberadaan pemuda tidak usah di ragukan lagi karena mereka selalu menjadi garda paling depan dikalau ada tantangan seperti apapun. Para pemuda dan pemerintah khususnya di daerah Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur merupakan awalan dalam perubahan daerah kabupaten Probolinggo. Namun kembali kepada hati nurani masing-masing untuk menjawab pertanyaan ini, “perlukah melakukan tindakan demi tercapainya sebuah perubahan?”.

*Penulis Adalah Anggota Keluarga Mahasiswa Pelajar Probolinggo Yogyakarta (KMPPY)