Penerimaan KKN UIN, Camat Gedangsari: Tinggalilah Kami dengan Ilmu!

210
Foto : MRQ
Foto : MRQ

Yogyakarta, serikatnews.com – Senin, 10 Juli 2017, adalah hari pelepasan mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) oleh pihak kampus, UIN Sunan Kalijaga. Hari berikutnya, Selasa 11 Juli 2017 merupakan hari pemberangkatan bagi mahasiswa yang mengikuti KKN. Salah satu tempat untuk menjalankan pengabdian terhadap masyarakat ini bertempat di Kecamatan Gedangsari, Kab. Gunung Kidul, Yogyakarta.

Bertepatan pada hari pemberangkatan tersebut, mahasiswa juga diwajibkan menghadiri penerimaan di kecamatan Gedangsari sekaligus untuk mendengar arahan dari Pak Camat Gedangsari, Muhammad Setyawan Indriyanto, S.H, M.Si. Acara penerimaan ini dihadiri oleh sejumlah pejabat kecamatan dan DPL (Dewan Pembimbing Lapangan), juga tentu mahasiswa yang sedang menjalankan KKN. Mahasiswa yang menjalankan KKN di kecamatan ini kurang lebih 486 mahasiswa selama 50 hari.

Arahan tersebut berisikan baik dari potensi desa hingga masalah-masalah sosial yang terdapat pada desa-desa di Kecamatan Gedangsari sendiri. Di antara masalah-masalah tersebut, Muhammad menyampaikan bahwa salah satu problem di Kecamatan gedangsari ialah kemiskinan, menurutnya indikasinya ialah masyarakat di sana senang miskin. Kemudian masalah yang perlu di atasi ialah kenakalan remaja. Oleh karena itu, mahasiswa yang sedang KKN di Kecamatan Gedangsari dituntut untuk melakukan perubahan mental.

“Tinggalilah kami dengan ilmu, pembangungan secara mental saya rasa lebih penting daripada pembangunan secara fisik infrastruktur, karena efeknya akan dirasakan langsung oleh masyarakat. Membangun mental berarti membangun jiwa” tutur dengan jelas Muhammad Setyawan, selaku camat Gedangsari.

Akhir dari penerimaan ini, ia menyampaikan banyak terimakasih terhadap UIN Sunan Kalijaga, dan mengucapkan selamat datang kepada Mahasiswa KKN. (MRQ)

Baca Juga:  Sosok Seorang Mahasiswa