Presiden Jokowi: Pembangunan Trans Papua Tetap Jalan

11

SERIKATNEWS.COM – Presiden Joko Widodo memerintahkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) agar melanjutkan pembangunan jalan Trans Papua.

“Pembangunan jalan Wamena-Wamugu tetap diteruskan. Trans Papua tetap jalan. Harus segera diselesaikan,” kata Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu (5/12/2018).

Hal tersebut disampaikan Presiden menanggapi aksi kekerasan yang diduga menimbulkan korban jiwa sebanyak 31 pekerja PT Istana Karya.

Presiden menjelaskan, proyek Trans Papua berada di segmen V ini menghubungkan antara Wamena-Haberma-Kenyam-Mamugu. Panjang ruas proyek 278 kilometer.

Dalam segmen itu memiliki 35 jembatan. Proyek tersebut dikerjakan dua perusahaan BUMN, yakni PT Istaka Karya dan PT Brantas Adi Praya.

“Tetap harus diselesaikan. Artinya PU jalan terus mewujudkan keadilan sosial bagi masyarakat Papua,” tegas Jokowi.

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) telah mendengar informasi adanya penyanderaan dan penembakan pekerja Jalan Trans Papua oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyatakan, pembangunan proyek jembatan di Kali Yigi dan Kali Aurak, Distrik Yigi, Kabupaten Nduga, Papua, dihentikan sementara.

“Seluruh pekerjaan kita hentikan yang di ruas jembatan-jembatan yang sedang dikerjakan,” kata Basuki di kantornya, Senin (4/12/2018).

Baca Juga:  Presiden Jokowi Tak Rela Prestasi para Atlet Nasional Dicemooh