Presiden Jokowi: Pemerintah dengan Persetujuan DPR Anggarkan Dana Kelurahan Rp3 Triliun

7

SERIKATNEWS.COM – Presiden Joko Widodo menggelar rapat terbatas membahas dana kelurahan dan dana desa di Istana Presiden Bogor, Jawa Barat, Jumat (2/11/2018).

Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa pemerintah menganggarkan Rp3 triliun untuk program dana kelurahan.

“Pemerintah dengan persetujuan DPR telah menganggarkan dana kelurahan Rp3 triliun,” ucal Jokowi.

Presiden meminta Kementerian Keuangan mempersiapkan mekanisme pencairan dana kelurahan agar segera dapat dimanfaatkan.

Presiden juga meminta Kementerian Dalam Negeri mempersiapkan kerangka pengawasan beserta evaluasinya agar pemanfaatan dana kelurahan tepat sasaran sekaligus menyentuh kepentingan warga kelurahan di perkotaan.

Presiden Jokowi berharap, melalui program ini, persoalan rakyat di kelurahan, terutama yang miskin, dapat terselesaikan.

“Ini untuk mengurangi dampak negatif arus urbanisasi di kota-kota Indonesia. Mulai dari kemiskinan, ketimpangan antarwarga, lapangan pekerjaan,” ujar Jokowi.

Presiden juga menyinggung kembali bahwa program dana kelurahan bukanlah inisiatif dari pemerintah, melainkan aspirasi para wali kota se-Indonesia yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi).

Turut hadir dalam rapat terbatas itu, antara lain Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sanjoyo.

Baca Juga:  Presiden Tegaskan Semangat Berdikari Jadi Dasar Membangun RI dari Pinggiran