Program Studi Sosiologi Agama Kehilangan Dosen Ahli Tafsir Ayat-Ayat Sosial

Foto : FTR/AS


Innalillahi wa Innailaihi Roji’un. Telah meninggal dunia dengan tenang Dr. H. Muhammad Amin, Lc., M.A, Wakil Dekan III (Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama) Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam dan Dosen Program Studi Sosiologi Agama UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, pada dini hari Jum’at, 26 Mei 2017 di Yogyakarta. Sebelumnya beliau dirawat dua hari tiga malam di RS. Bethesda Yogyakarta di ruang ICU dalam kondisi tidak sadarkan diri.

Lahir di Muara Aman, 4 Juni 1963, dosen ahli tafsir ayat-ayat sosial ini telah menghasilkan berbagai karya, di antaranya Konsep Masyarakat Moderat dalam Al Qur’an, Konflik Sosial antar Umat Beragama dalam Perspektif Sosiologi dan Al Qur’an, Pemberdayaan Masyarakat Marginal dalam Perspektif Al Qur’an, Tafsir Ayat-ayat Sosial, dan sebagainya. Semasa hidupnya beliau dikenal sebagai orang yang luas ilmu dari Barat dan Timur, kaya pengalaman, tawadhu’, pantang su’udzon, helpful, hangat, dan dekat dengan siapa pun.

Jenazah disholatkan di RS. PKU Muhammadiyah Yogyakarta pukul 09.00 WIB. Selanjutnya, dilakukan pelepasan oleh Wakil Rektor Bidang III UIN Sunan Kalijaga Dr. H. Waryono, M.Ag. Pelepasan jenazah juga dilakukan oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah Dr. H. Haedar Nashir, M.Si. Pelepasan dari pihak PP Muhammadiyah dilakukan karena beliau adalah Ketua Divisi Tafsir Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah. Menurut Haedar Nashir, saat ini beliau tengah menyelesaikan program penerbitanTafsir at-Tanwir yang sebagian telah diterbitkan. Beliau adalah ketua tim penyusun tafsir tersebut.

Jenazah kemudian disholatkan di pelataran Cargo Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta. Rektor UIN Sunan Kalijaga Prof. Drs. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D menjadi imam dalam sholat tersebut. Jenazah selanjutnya dibawa ke Bandung untuk dimakamkan.

Baca Juga:  Hari Kartini

Segenap keluarga besar Program Studi Sosiologi Agama Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam mengungkapkan duka dan berbela sungkawa yang sedalam-dalamnya atas wafatnya Dr. H. Muhammad Amin, Lc., M.A. Semoga amal ibadah beliau diterima di sisi Allah SWT dan ditempatkan di tempat paling mulia di sisi-Nya. Semoga istri, anak-anak, dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan, ketabahan, kesabaran dan perlindungan. Amin. (FTR, AS)

Tulisan ini juga diposting di Website Program Studi Sosiologi Agama. Selengkapnya baca juga, disini.