PSSI Harus Steril dari Tokoh Politik

13
PSSI
Ilustrasi (Net)

SERIKATNEWS.COM – Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) berharap PSSI tidak dipimpin oleh sosok dengan latar belakang politik. Hal ini merespons terhadap nama-nama yang menyeruak usai Edy Rahmayadi mundur dari jabatan Ketua Umum PSSI dalam kongres tahunan di Bali pada Minggu (20/1/2019).

Ketua Tim Kampanye Nasional dari pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Erick Thohir, dan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar ramai disebut sebagai calon pengganti yang layak.

Meski demikian Sesmenpora Gatot S Dewa Broto berharap pejabat PSSI steril dari tokoh politik atau pejabat partai.

“Ya, idealnya PSSI harus disterilkan dari tokoh (politik). Siapa pun berhak untuk menjadi ketua umum PSSI sejauh itu sesuai statuta PSSI dan tergantung pilihan para pemilik suara,” kata Gatot, Rabu (23/1/2019).

Sementara di sisi lain, Menpora Imam Nahrawi justru mendukung Erick Thohir untuk menjadi Ketua Umum PSSI menggantikan Edy Rahmayadi yang mundur dari jabatannya.

“Bagus banget. Sangat mumpuni, pengalaman, profesional, dan bermartabat,” kata Imam.

Erick Thohir mendapat dukungan untuk mengisi posisi orang paling tinggi di federasi sepak bola yang baru saja ditinggal Edy Rahmayadi. Dukungan itu diberikan lewat petisi yang digagas Wira Adikusuma melalui Change.org.

Erick yang berstatus sebagai Presiden Indonesia Asian Games Organizing Committee (INASGOC) itu dianggap pantas dan memahami sepak bola. Terlebih, ia memiliki pengalaman dengan menjadi pemilik saham dari Inter Milan (Liga Italia) dan Persib Bandung (Liga 1).

Erick yang berlatar belakang pengusaha juga menyalurkan investasinya di olahraga lain, yakni Philadelphia 76ers (NBA) dan Satria Muda (Liga Basket Indonesia). Di dunia basket, Erick juga menjadi Presiden Asosiasi Bola Basket Asia Tenggara (SEABA).

Baca Juga:  Sepak Bola Asia Tenggara Makin Kompetitif

Selain itu, bentuk dukungan agar Erick menjabat Ketua Umum PSSI juga datang dari berbagai pihak, termasuk petinggi-petinggi klub yang tampil di Liga 1. Mulai dari PSIS Semarang sampai Madura United.

Saat ini, Erick tengah sibuk menjalankan tugasnya sebagai Ketua Tim Kampanye Nasional dari pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 01, Joko Widodo dan Ma’ruf Amin. Tugas itu akan berakhir setelah Pemilihan Umum pada bulan April mendatang.