Kampus

Spesialisasi Keilmuan Demi Lulusan yang Kompeten dan “Ready to Used”

serikatnews.com

Jakarta,SERIKATNEWS.COM– Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) Forum Akademik Fakultas Syariah dan Hukum dengan tema : Reintegrasi Keilmuan dan Restrukturisasi Program Studi Fakultas Syariah Dan Hukum (FSH). Sebelumnya, serupa juga pernah dilakukan pada Oktober 2017 silam dan menghasilkan gagasan restrukturisasi dan rekomendasi terhadap prodi-prodi di lingkungan FSH se Indonesia.

Tuntutan pasar kerja yang semakin spesifik dan terperinci serta kondisi lapangan pekerjaan yang selalu berubah dari waktu ke waktu mengharuskan lulusan sarjana memiliki kemampuan dan kapasitas yang baik untuk bertahan ataupun memasuki dunia kerja, dan kondisi terkini di FSH, menunjukkan hal yang sebaliknya.

Seperti yang disampaikan oleh direktur Diktis, Prof. Arskal Salim “Untuk memperluas kesempatan lulusan sarjana syariah dalam menempati lapangan pekerjaan maka perlu adanya dorongan khusus untuk mencapai hal tersebut. Namun demikian banyak lulusan FSH yang not ready use” ujarnya di Jakarta.

Menutut Prof Arskal (demikian sapaannya) ada tiga aspek penting untuk mereformasi program studi di Fakultas Syariah dan Hukum “Pertama penyederhanaan prodi, kedua Join degree, dan ketiga penyederhanaan mata kuliah” terang Arskal Salim.

Junaidi, perwakilan IAIN Ambon mendukung apa yang disampaikan Arskal Salim tersebut, hanya saja menurutnya dibutuhkan kurikulum yang berlaku secara nasional yang dapat diaplikasikan di seluruh FSH di Indonesia.

“Ada banyak tumpeng tindih matakuliah yang sering kali berulang dalam satu prodi, kita butuh membuat kurikulum FSH yang berstandar nasional sehingga tidak ada lagi warna kurikulum FSH Jakarta, FSH Ambon dan lainnya” jelas Junaidi.

FGD ini dilaksanakan dengan landasan rekognisi gelar di lingkungan Fakultas Syariah dan Hukum serta fakta bahwa Program Studi di FSH mempersulit gerak dari pengembangan keilmuannya. berdasarkan dua problem besar tersebut, FGD ini menghadirkan para Dekan Fakultas Syariah dan Hukum dari PTKIN yang tersebar diseluruh Indonesia. (Rois)

Popular

To Top