Kampus

Studi Perdamaian Mahasiswa Lintas Iman; Perkunjungan Ke Halmahera Utara


Halmahera Utara – Serikatnews.com, 10 mahasiswa yang tergabung dalam Jaringan Mahasiswa Lintas Iman telah melakukan perkunjungan lintas iman di Halmahera Utara, yaitu di Desa Popilo dan Popilo Utara. Kegiatan ini kerja sama dari Senat Fakultas Dakwan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN Suka), Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), Universitas Halmahera (UNIRA) dan Persatuan Intelegencia Kristen Indonesia (PIKI). Kegiatan ini berlangsung pada 07-14 September 2017.

Perkunjungan tersebut atas inisisasi Senat Fakultas Dakwah UIN Suka pada tahun 2014 untuk belajar pada masyarakat pasca konflik pada tahun 1999 di Halmahera Utara. 6 mahasiswa Kristen UKSW dan 4 mahasiswa Islam UIN Suka serta 2 Pendamping melakukan pembukaan kegiatan dengan live in di rumah warga di desa tersebut pada tanggal 08 september 2017.

Live in dilakukan dengan mencampur mahasiswa islam dan kristen untuk menginap dikeluarga yang berbeda agama di desa tersebut. Selain dari live in mereka juga melakukan observasi dari tanggal 8-12 untuk mengetahui hubungan relasi warga pasca konflik. Dalam hal ini tempat tempat umum yang menjadi sasaran dalam melakukan observasi, seperti : pasar, pelabuhan, penambang pasir,dll. Perkunjungan ini di tutup dengan dialog kerukunan umat beragama. Tema dialog ini adalah memperkokoh kerukanan umat bergama di kawasan Tepi pada tnggal 11 September 2017 di Universitas Halmahera.

Dalam dialog tersebut di buka secara resmi oleh bapak muklis tapi tapi selaku Wakil bupati Halmahera Utara dan juga dihadiri oleh 400 mahasiswa universitas halmahera dan juga perwakilan tokoh agama islam dan kristen di halmahera utara. Diaolog ini dihadiri oleh 5 Narasumber yaitu Henry sitohang (perwakilan PIKI), Salim Taib (perwakilan GP Anshor Wilayah), Pendeta James (Dosen UNIRA), Rozaki (Dosen UIN Suka), dan Ishak (dosen UKSW). Peserta sangat antusias mengikuti acara tersebut dibuktikan dengan pernyataan beberapa mahasiswa tersebut, Wah acara ini sangat bagus mb, temanya juga bagus, Pangkas dina salah satu mahasiswa Universitas Halmahera. (Setep)

SerikatNews.com adalah portal media Online, sebagai wadah media kritis anak bangsa yang menerjemahkan visi, mencerahkan itu sebagai keharusan, menyajikan tulisan-tulisan jernih dan transfomatif. SerikatNews.com merupakan media yang menyajikan berita-berita yang terpercaya sesuai dengan kaidah-kaidah jurnalistik. Media SerikatNews.com bergerak diranah kampus bermaksud untuk membangun secara kolektif nalar kritis mahasiswa yang hari ini sudah banyak terkoptasi dengan dunia hedonisme. SerikatNews.com tidak memihak terhadap kepentingan satu golongan baik ras, suku, partai politik bahkan agama! Salam Tim Redaksi SerikatNews.com.

Copyright © 2017 Serikatnews.com - All Rights Recerved

To Top