Sumedang Jadi Destinasi Wisata Unggulan Baru

9

SERIKATNEWS.COM – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat mendorong Kabupaten Sumedang menjadi salah satu destinasi wisata baru di Jawa Barat. Menurut Kepala Disparbud Jabar Dedi Taufik, Sumedang punya variasi wisata yang cukup menarik, seperti wisata peninggalan sejarah Kerajaan Sumedang Larang.

“Sumedang sebagai Puser Budaya Sunda memiliki kekuatan unsur sejarah dan beragam keunikan budaya yang perlu terus dikembangkan,” kata Dedi di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Jumat (15/3/2019).

Selain itu, Sumedang juga memiliki tourism sport dengan adanya dua lokasi olahraga Paralayang di Batu Dua dan Kampung Toga. Khusus di kawasan Batu Dua, terdapat titik geothermal (panas bumi) yang memungkinkan paralayang terbang lebih lama.

“Batu Dua juga pernah menjadi tempat pra Piala Dunia Paralayang 2013 lalu,” ucap Dedi.

Daerah yang terkenal dengan budaya Kuda Renggong itu juga punya Bendungan Jatigede yang bisa dikembangkan jadi objek wisata menarik.

“Posisi Sumedang juga berada di perbatasan Metropolitan Cirebon Raya dan Metropolitan Bandung Raya, menjadikan Sumedang daerah yang sangat strategis untuk destinasi wisata dan pusat budaya,” paparnya.

Kata Dedi, Pemprov Jabar berkomitmen untuk memberikan dukungan penuh dalam pengembangan wisata untuk kabupaten dan kota di Jabar. Apalagi Jabar akan membangun sejumlah destinasi wisata, pusat budaya dan creative center.

“Hal ini merupakan program strategis Jabar dalam melestarikan budaya dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui pembangunan pariwisata dan industri kreatif,” tuturnya.

Karena itu, ia menegaskan pentingnya sinergitas untuk mewujudkan visi Jabar serta mengajak peran stakeholder Sumedang meningkatkan jalinan kemitraan, semangat berkolaborasi dan menggali berbagai bentuk inovasi.

“Hal ini menjadi prasyarat bagi keberhasilan pencapaian kinerja program pemerintah khususnya di bidang pariwisata budaya Jabar dalam 5 tahun ke depan,” jelasnya.

Baca Juga:  Pelestarian Hewan Langka di Pantai Solong Banyuwangi