Surat Terbuka Untuk Pak Mahfud MD

102

Teriring doa semoga Pak Mahfud MD selalu sehat wal afiat, sabar dan tak lelah berjuang untuk Indonesia yang lebih baik.

Pak Mahfud MD yang baik, melalui surat terbuka ini ingin kiranya saya mau mengingatkan Pak Mahfud agar jangan mau diprovokasi pihak lawan. Proses politik sudah berjalan dan final. Jika selama proses politik itu ada yang berjalan diluar keinginan Pak Mahfud, ya sebaiknya dimaklumi saja, sebab memang begitulah seni berpolitik untuk menancapkan pengaruhnya, hingga tujuan berpolitik dapat tercapai meski kadang kerap melanggar fatsun politik yang kita percayai kebenarannya.

Prihatin sekali mendengar pengakuan Pak Mahfud MD dalam acara ILC yang blak-blakan membuka rahasia proses menjelang penentuan Cawapres pendamping Jokowi. Ada positifnya ada pula negatifnya. Positifnya kita semua menjadi tau kenapa Pak Mahfud MD tidak jadi dijadikan Cawapres, negatifnya pihak lawan politik Pak Jokowi jadi tau ada gesekan-gesekan politik di internal Parpol Koalisi pendukung Capres Jokowi.

Pengakuan lugu Pak Mahfud MD yang lebih kental dengan citra akademisinya itulah yang saya khawatirkan dimanfaatkan oleh pihak lawan, hingga ke depannya Pak Mahfud MD sendiri yang akan kewalahan mempertahankan argumentasi ketika pihak lawan menjadikan pengakuan blak-blakan Pak Mahfud sebagai bahan serangan, bahwa ada sebagian orang-orang dari kubu Pak Jokowi melakukan intrik politik menjelang penetapan Cawapresnya.

Pak Mahfud MD yang baik, sebagai akademisi Pak Mahfud memang harus bicara apa adanya, namun Pak Mahfud juga harus ingat, bahwa suara kebenaran kerap kali dijadikan alat kampanye negatif oleh para politisi yang telah melupakan tanggung jawab moralnya. Pak Mahfud mungkin bermaksud mengingatkan orang-orang yang berusaha menjegal pencawapresan Pak Mahfud, tapi jika itu dibuka ke publik hal itu malah akan dijadikan pihak lawan politik Pak Jokowi untuk menyerang Pak Jokowi dan para pendukungnya yang selama ini telah dan akan kembali Pak Mahfud MD dukung.

Baca Juga:  Bersama Menjaga Keberagaman

Harapan saya kejadian di ILC kemarin tidak terulang kembali di masa depan, hingga para pendukung Pak Jokowi tidak kehilangan semangat moralnya untuk terus berjuang mengkampanyekan keberhasilan program kerja Pemerintahan Jokowi sekaligus gigih mengcounter segala isu dan fitnah yang dilontarkan pihak lawan. Selama ini sikap politik Pak Mahfud MD sudah sangat baik, hingga Pak Mahfud MD nampak sebagai seorang figur negarawan. Jangan sampai menjadi turun kelas manakala Pak Mahfud MD tidak bisa bersikap bijak melontarkan pernyataan yang tanpa disadari menguntungkan pihak sebrang.

Pak Mahfud, saya pikir kita semua sudah sama-sama mengerti siapa Cak Imin dan siapa orang-orang yang Pak Mahfud MD sebut baik itu soal kekurangan maupun kelebihannya. Namun sadarilah Pak, saat ini kita sedang menghadapi para penghianat bangsa yang dapat tampil ke panggung politik berkat kekayaan dan dukungan dari keluarga penguasa lama yang di tahun 1998 kami jungkalkan dari singgasana kekuasaannya. Oleh sebab itu mohon kiranya Pak Mahfud MD menyadari hal ini dan mulai pandai-pandai menahan diri. Untuk siapa hal ini Pak Mahfud akan lakukan? Ya untuk masa depan Bangsa Indonesia yang lebih maju dan beradab. Sekali lagi, smoga Pak Mahfud MD selalu sehat wal afiat dan diberi kekuatan oleh Allah SWT untuk terus menebarkan kebajikan…Terimakasih…

Profesi: Advokat KAI (Kongres Advokat Indonesia). dan Penulis, Serta Pemerhati Politik