Teknologi Berbagi, Persembahan Generasi Milenial

455

Lahir antara tahun ’80 hingga awal tahun 2000-an, jumlah populasi generasi ini berada di urutan teratas di Indonesia, tidak banyak berbeda dengan negara lain di dunia. Generasi paling terdidik selama eksistensi manusia di bumi inilah yang membuat ‘bumi berputar’. Dalam sisi jumlah, jelas mereka menguasai bursa ketenagakerjaan. Dalam sisi kemampuan, baik itu umum maupun spesifik, sebagai kaum paling terdidik dibandingkan generasi-generasi sebelum, “The┬áMillennials” lebih efektif dan efisien (dibantu kecerdasan-kecerdasan buatan yang mereka dapat dari penggunaan dan pemanfaatan teknologi.

The Millennials‘ adalah generasi yang jarang ketinggalan berita maupun cerita. Situs-situs berita online yang selalu dapat diakses membuat mereka selalu terkini dalam informasi. Berinteraksi, bergaul layaknya makhluk sosial tak lagi ala kadarnya. Keberadaan media sosial, dan medium-medium perbincangan antar pengguna smartphone telah memperkenalkan kita pada pergaulan virtual yang tak terhambat ruang dan waktu. Pemudahan yang meminimalisir biaya dalam menjalani kehidupan akibat temuan-temuan berbasis teknologi internet, telah perlahan namun pasti menurunkan minat The Millennials pada uang/materi, mereka lebih tertarik pada kenyamanan daripada kemewahan.

Dalam mencapai kenyamanan mereka faham bahwa dunia dimana mereka hidup harus menggambarkan kesetaraan. Filosofi ini mereka terjemahkan dengan penemuan-penemuan serta inovasi yang memiliki satu kesamaan prinsip. Berbagi. Mulai dari informasi hingga ekonomi. Generasi ini dipenuhi oleh para inovator yang menghasilkan produk-produk teknologi seperti Facebook, Instagram, Quora, dan Tumblr yang menghubungkan manusia dengan berbagi informasi. Di bidang ekonomi, mereka menciptakan sistem ‘sharing economy’ (sistem dimana pemilik modal tak memiliki kekuasaan absolut terhadap pekerja) dengan berbasis teknologi seperti GOJEK dan GRAB.

Generasi ini sedang mengubah cara-cara manusia dalam menjalani kehidupan dan pada akhirnya mengubah dunia. Teori lama kita bahwa teknologi akan menjauhkan satu manusia dengan manusia yang lain, telah terbukti salah. Generasi ini sedang membawa kita kembali ke karakteristik dasar kita sebagai makhluk sosial yang hidup komunal dan akan bertahan hidup (lebih sejahtera) dengan berbagi.

Baca Juga:  Membongkar Manuver Busuk Saudi Arabia Mengubah Indonesia Jadi Sarang Wahabi Radikal

Setiap generasi punya sumbangsihnya masing-masing untuk membuat dunia lebih baik bagi manusianya. Teknologi Berbagi, adalah persembahan terbaik dari generasi milenial.

Sekjen Pengurus Besar (PB) Indonesia Muda