Tsamara Amany: Fadli Zon Keras Kritik Pemerintah tetapi Melempem ke DPR

13
Tsamara Amany: Fadli Zon Keras Kritik Pemerintah tetapi Melempem ke DPR
Ilustrasi (Net)

SERIKATNEWS.COM – Ketua DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Tsamara Amany menyampaikan kritik terhadap pernyataan Wakil Ketua DPR Fadli Zon yang meminta publik memaklumi kinerja DPR yang jeblok.

Menurut Tsamara, seharusnya pimpinan DPR menjadi pihak terdepan yang tidak menolerir buruknya kinerja itu.

“Ini menjadi sebuah pertanyaan, mengapa Pak Fadli sebagai pemimpin oposisi, garang sekali kepada Pak Jokowi dan pemerintah, setiap persoalan dikritik keras. Tetapi justru melempem kepada lembaganya sendiri,” kata Tsamara melalui keterangan tertulis, Selasa (4/12/2018).

Tsamara mengatakan, seharusnya Fadli tidak menjadikan kampanye Pemilihan Legislatif sebagai alasan. Sebab, sedianya anggota DPR incumbent akan mendapatkan dukungan dari publik jika menunjukan kinerja yang baik.

Saat ini, DPR telah mendapat label sebagai lembaga yang tidak dipercayai publik. Tsamara mengatakan jebloknya kinerja DPR menjadi cerminan label tersebut.

“Kinerja DPR yang jeblok bukan hal baru. DPR selalu gagal memenuhi target prolegnas,” kata Tsamara.

Menurunya, sebaiknya Fadli fokus membenahi kinerja DPR. Fadli tidak seharusnya meminta masyarakat untuk memaklumi hal tersebut.

“Dengan kinerja DPR yang buruk seperti ini, Pak Fadli harus berani berkata jangan memilih mereka yang tak bekerja dengan baik di DPR,” imbuhnya.

Sebelumnya, Fadli Zon mengatakan bahwa penurunan kinerja anggota legislatif saat ini merupakan hal yang patut dimaklumi. Sebab, banyak anggota DPR yang kembali mencalonkan diri pada Pileg 2019.

Selain menjalankan tugasnya sebagai anggota legislatif, para anggota DPR juga disibukkan dengan kegiatan kampanye dan kunjungan ke daerah pemilihan (dapil).

“Saya kira pasti akan terjadi penurunan intensitas (kehadiran) karena ada banyaknya kegiatan di dapil kan sekaligus kampanye. Ini saya kira yang perlu dimaklumi juga. Ini terjadi di semua partai politik,” ujar Fadli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (3/12/2018).

Baca Juga:  Dangkal Pengetahuan Sejarah, Pers HMI Jogja Kirimkan Majalah ‘Balada Kepalsuan Hanum’ ke Rumah Amien Rais

Hal tersebut diungkapkan saat dimintai tanggapannya mengenai penilaian Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) yang menyebut kinerja anggota DPR selama Masa Sidang I Tahun Sidang 2018-2019 cenderung turun.

Meski demikian, Fadli mengklaim penurunan tingkat kehadiran anggota tidak mengganggu kinerja DPR. Ia mengatakan, fungsi DPR dalam hal legislasi, pengawasan dan anggaran tetap berjalan.