Ujungsemi Bergerak Membaca

976

CIREBON,SERIKATNEWS.COM-Deklarasi pentingnya membaca yang di selenggarakan sejumlah pemuda Desa Ujungsemi, Kaliwedi, Cirebon yang tergabung dalam Organisasi Lembaga Desa (Karang Taruna Putra Semi/KTPS) dan Organisasi Kemahasiswaan (Forum Silaturahmi Mahasiswa Ujungsemi/FORSIMA-U) di Desa Ujungsemi kembali menggelar acara sebar-sebar virus Literasi ‘Lesehan Pustaka‘, baca buku gratis untuk Pelajar dan Masyarakat setempat. (16/01/18)

Gerakan literasi ini di gerakkan demi untuk meningkatkan minat baca anak-anak di usia yang telah memasuki Sekolah Dasar, mereka juga tak lupa sekaligus mengadakan sosialisasi di sekolah-sekolah setempat, termasuk hari ini yang sudah berjalan di SDN2 Ujungsemi guna untuk memberitahukan keberadaan perpustakaan desa Ujungsemi yang bertempat di halaman balai desa ujungsemi. Tim Perpustakaan juga memberitahukan bahwa pentingnya membaca di era milenial.

Menurut Adi Aqil yang tergabung dalam Organisasi Karang Taruna Putra Semi dan Organisasi Kemahasiswaan ‘kami sengaja menggelar, dengan tujuan agar gerakan Literasi ini terus berjalan dan pentingnya membaca untuk sejenak melupakan Gadgetnya. Karena selama masih ada siswa yang membaca berarti masih ada tanda-tanda kehidupan di dunia nyata; sekaligus membentuk karakter para pelajar agar hobi membaca sejak dini, untuk memperluas wawasan dan menjadi bekal di masa depan’. Pungkasnya.

Para siswa juga turut bersemangat ketika tim perpustakaan desa datang, mereka turut berbondong-bondong dalam membantu penataan stand lesehan pustaka serta turut merapikan buku dan dilanjutkan untuk membacanya. Artinya, antusias para siswa juga patut di apresiasi dengan semangat membacanya. Tegas Bahiya selaku tim pustaka desa ujungsemi.

Respon positif juga kami dapatkan dari guru Kepala Sekolah di SDN2 Ujungsemi Bpk Taslim S. Pd. , ‘intinya saya sangat berterimakasih terhadap keberadaan gerakan Literasi Perpustakaan Desa di Sekolah kami, karena sebenarnya kami juga mempunyai perpustakaan namun minim dalam hal pengelolaan. Dan menurut beliau dengan gerakan Literasi ini kami dari pihak sekolah juga merasa sangat terbantu untuk bersama-sama memberitahukan kepada para siswa bahwa pentingnya membaca.

Baca Juga:  Kapitalisasi Pendidikan

Rencana selanjutnya pihak Karang Taruna dan mahasiswa akan menggelar gerakan Literasi dan Sosialisasi ini di SDN1 Ujungsemi. (Dezan A)