Ujungsemi, Semakin Hari Buku Kita Semakin tak Terlihat

672

SERIKATNEWS.COM- Berawal dari kegelisahan teman-teman Karang Taruna, Mahasiswa dan pihak Perpustakaan Desa, untuk mengembangkan gerakan literasi dengan menggelar acara Lesehan Pustaka keliling ke Sekolah-sekolah di desa, dengan bertujuan untuk meperkenalkan serta memberitahukan pentingnya membaca.

Berdasarkan data statistik dari berbagai sumber, minat baca masyarakat Indonesia tergolong masih sangat rendah. Padahal berbagai inovasi sudah diterapkan untuk mendongkrak minat masyarakat membaca buku. Duta Baca Indonesia Najwa Shihab membagi tips untuk meningkatkan minat baca dari kalangan terdekat, yakni peran penting keluarga. Najwa mendorong para orang tua khususnya ibu, untuk menanamkan membaca sejak dini.
Anak bisa didorong dengan target membaca, misalnya sehari berapa lembar atau sebulan berapa buku,”

Sehingga untuk mengatasi kurangnya peminat pembaca maka dibentuknya tim untuk bekerjasama sebagai bentuk pengabdian terhadap Desa, Semboyan pada gerakan ini hanya berpedoman pada prinsip “aja mikir desa arep ngupai apa ning kita, tapi mikira apa sing arep tek pai kanggo desa” (jangan pernah memikirkan desa mau memberikan apa untuk kita, tapi berpikirlah apa yang harus kita berikan untuk memajukan desa). Atas dasar prinsip tersebut menjadikan pondasi yang kuat untuk untuk menyatukan segala sudut pandang yang berbeda.

Alhasil tim Perpustakaan Desa perdana untuk menggelar Lesehan Pustaka di SDN 2 Ujungsemi, untuk kali keduanya kami hadir di SDN 1 Ujungsemi untuk terus menyebarkan virus-virus Literasi di Desa setempat. Kendatipun dengan kondisi yang berbeda para siswa tetap berantusias dalam menyambut kedatangan tim Perpustakaan Desa, dari sinilah semangat kita untuk selalu memperkenalkan gerakan literasi ini.

Kamis pagi, kali kedua kami melakukan Lesehan Pustaka di SDN 1 Ujungsemi, antusias dari siswanya semakin baik, sehingga “semakin hari buku di desa kita semakin tak terlihat” inilah slogan kita yang sekarang.

Baca Juga:  Panggil Saya BTP

Usaha tidak akan pernah menghianati hasil” Ujar mahasiwa, yang artinya tidak perlu khawatir dengan apa yang kita usahakan karena pada akhirnya yang akan menuai usaha kita adalah diri kita, semakin besar usaha kita maka semakin besar pula hasil yang kita peroleh, atau sebaliknya semakin kecil usaha kita maka semakin kecil pula hasil yang kita peroleh.

Tidak dengan begitu saja kami selalu menemani mereka membaca, danterus mengajak mereka bahwa pentingnya membaca sebagai bentuk perlawanan terhadap kemajuan zaman yang semakin tidak seimbang. Bahkan tidak sedikit siswa yang berani meminjam buku dan mengatakan saya siap membaca dan besok kita ngobrol bersama di sekolah.
Alamat Perpustakaan kami persis di samping Sekretariat Karang Taruna Putra Semi, di Halaman Balai Desa Ujungsemi, silahkan berkunjung.