Opini

Vinsmoke Sanji dan 16 Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan

Ilustrasi Google

Oleh : M. Fatahillah Hilmy

Vinsmoke Sanji adalah salah satu kru dari Bajak Laut Mugiwara, dia adalah koki kapal bajak laut. Sanji merupakan pangeran dari Kerajaan Germa, dia melakukan debutnya dalam film One Piece di chapter 43 pada manga dan episode 20 pada anime. Sanji juga termasuk trio terkuat dalam bajak laut mugiwara menemani sang Kapten Luffy dan Wakil Kapten Zoro.

Sanji sangat suka memasak dan tergolong salah satu koki handal dalam dunia One Piece, akan tetapi dia tidak hanya pandai dalam memasak. Salah satu kegemaran atau keahliannya adalah melindungi perempuan. “Seorang laki-laki sejati adalah laki-laki yang tidak pernah membuat seorang wanita merasa kesusahan dan meneteskan airmata”, itu salah satu perkataan dan pegangan hidup sanji. Hal ini mencerminkan bahwa perempuan itu ada untuk berbagi kebahagian bersama bukan untuk menanggung kesusahan.

Tepat pada tanggal 25 November sampai 10 Desember merupakan rentan waktu untuk menyuarakan 16 Hari Anti Kekerasan Perempuan. Dalam rentan waktu ini banyak peristiwa yang terjadi, kita bisa melihat pada tanggal 25 November 1960 merupakan hari untuk memperingati pembunuhan keji yang dilakukan oleh kaki tangan pengusasa diktator Republik Dominika pada waktu itu, yaitu Rafael Trujillo. Mirabal bersaudara merupakan aktivis politik yang tak henti memperjuangkan demokrasi dan keadilan, serta menjadi simbol perlawanan terhadap kediktatoran peguasa Republik Dominika pada waktu itu. Berkali-kali mereka mendapat tekanan dan penganiayaan dari penguasa yang berakhir pada pembunuhan keji tersebut. Tanggal ini sekaligus juga menandai ada dan diakuinya kekerasan berbasis gender. Tanggal ini dideklarasikan pertama kalinya sebagai Hari Internasional untuk Penghapusan Kekerasan terhadap Perempuan pada tahun 1981 dalam Kongres Perempuan Amerika Latin yang pertama. (dikutip dari https://www.komnasperempuan.go.id/pages-16-hari-anti-kekerasan-terhadap-perempuan)Pada tanggal 1 Desember merupakan hari AIDS sedunia, Hari AIDS Sedunia pertama kali dicanangkan dalam Konferensi Internasional tingkat Menteri Kesehatan seluruh dunia pada tahun 1988.

Tanggal 2 Desember Hari Internasional untuk Penghapusan Perbudakan, hari ini merupakan diadopsinya Konvensi PBB mengenai Penindasan terhadap orang-orang yang diperjual belikan terhadap orang lain, konvensi ini merupakan jalan untuk melakukan perlindungan bagi korban, terutama bagi anak-anak dan perempuan atas kejahatan perdagangan manusia. Sedangkan Tanggal 3 Desember adalah Hari Internasional bagi Penyandang Cacat. Selanjutnya Tanggal 5 Desember adalah Hari Internasional bagi Sukarelawan, merupakan hari apresiasi bagi para sukarelawan yang berkontribusi bagi masayarakat.

Tanggal 6 Desember adalah Hari Tidak Ada Toleransi bagi Kekerasan Terhadap Perempuan. Pada tahun 1989, terjadi pembunuhan massal di Universitas Montreal Kanada yang menewaskan 14 mahasiswi dan melukai 13 lainnya (13 diantaranya perempuan) dengan menggunakan senapan semi otomatis kaliber 223. Pelaku melakukan tindakan tersebut karena percaya bahwa kehadiran para mahasiswi itulah yang menyebabkan dirinya tidak diterima di Universitas tersebut. Sebelum pada akhirnya bunuh diri, lelaki ini meninggalkan sepucuk surat yang berisikan kemarahan amat sangat pada para feminis dan juga daftar 19 perempuan terkemuka yang sangat dibencinya. (dikutip dari https://www.komnasperempuan.go.id/pages-16-hari-anti-kekerasan-terhadap-perempuan)
Tanggal 10 Desember adalah Hari Hak Asasi Manusia Internasional, yang merupakan peringatan sedunia untuk menyuarakan kesadaran dalam menyebarluaskan prinsip-prinsip dasar dalam Hak Asasi Manusia. Mulai ditetapkan pada tahun 1948 oleh PBB. Beberapa rentetan peristiwa dalam rentan waktu 16 hari tersebutlah yang pada akhirnya melahirkan 16 Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan.

Melihat beberapa peristiwa tersebut sudah waktunya kita sebagai manusia yang merasa manusia untuk sadar dalam Hak Asasi Manusia, nilai-nilai moral yang di gambarkan dalam tokoh Sanji dalam One Piece merupakan gambaran sebagian nilai-nilai moral yang bagus untuk kita petik. Untuk memperjuangkan Hak Asasi Manusia, Anti Air Mata Perempuan, apalagi Kekerasan Terhadap Perempuan. Sanji sangat menentang itu. Menjaga persahabatan, dan menuntaskan kelaparan. Nilai-nilai yang ada dalam kepribadian Vinsmoke Sanji sudah sepantasnya kita telaah dengan baik, tentunya juga mampu memilih sesuai dengan ruang lingkup moralitas dalam lingkungan masing-masing.

*Penulis Adalah Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga dan Penikmat One Piece.

Popular

To Top