Wajah Pemuda Indonesia dalam Era Milenial

44

Pemuda sering digambarkan sebagai seseorang yang memiliki semangat yang tinggi, bertenaga, dan berintelektual. Kata “Pemuda” juga diidentik dengan kelompok anak muda yang melakukan perubahan, baik perubahan yang membawa dirinya sendiri ke yang lebih baik maupun perubahan yang signifikan untuk bangsa nya.

Dalam sejarah Indonesia, pemuda memiliki peran yang sangat besar untuk bangsa dalam pencapaian kemerdekaan. Mereka menjadi penggerak kebangkitan bangsa, tonggak sejarah yang penting bagi pemuda tak lain dan tak bukan yaitu, Sumpah Pemuda. Sumpah pemuda diselenggarakan selama dua hari, yaitu 27-28 Oktober 1928 di Batavia, yang kini di kenal dengan nama Jakarta tepatnya ibu kota Indonesia.

Setiap generasi mempunyai hak untuk meneruskan perjuangan yang sudah dilakukan oleh generasi-generasi sebelum nya. hal ini juga diperkuat dengan sebuah hadits riwayat Hakim “Pergunakanlah yang lima sebelum datang masa yang lima: (salah satunya)..masa mudamu sebelum datang masa tuamu” hadist tersebut menunjukan bahwa pemuda merupakan wajah perubah harapan agama dan bangsa nya.

Peran pemuda Indonesia dalam bangsa memiliki peran yang sangat besar. Khususnya mahasiswa, mahasiswa sering menjadi tokoh dalam perubahan perubahan belum lama kita mendengar ungkapan bapak presiden dalam kunjungan nya ke Sumbawa beliau mengingatkan kepada anak muda bahwa anak muda harus berani berinovasi, untuk itu pemuda Indonesia harus mampu menghadapi tantangan zaman yang sekarang mereka hadapi.

Peran yang harus dijalani sebagai wajah pemuda Indonesia yaitu:
Pemuda harus berani berjuang demi mengharumkan nama bangsa, menjunjung tinggi persatuan bangsa, dan pemuda harus tau mana yang benar dan salah. Maka dari itu pemuda harus menjalani peran nya sebagai wajah pemuda Indonesia yang diharapkan. kata pemuda dan perubahan adalah, sebuah istilah yang tidak bisa di pisahkan satu sama lain. Tapi, yang paling penting bagaimana caranya pemuda itu di orientasikan kearah yang baik, yang bisa menjadi harapan semua.

Baca Juga:  “Kalau SEKEDAR Jadi Orang Indonesia, Saya Tidak Bangga!”

Sebagai agen perubahan, dengan sikap kritis dan semangatnya, mereka memiliki kekuatan untuk mempengaruhi dan menyadarkan masyarakat untuk melakukan suatu gerakan perubahan sosial. Mahasiswa juga bisa memperjuangkan aspirasi masyarakat dari ketidak sesuaian kebijakan pemerintah. Karena seringkali kebijakan pemerintah tidak sesuai dengan apa yang diharapkan masyarakat.

Selain menjadi agen perubahan Sebagai agen pembangunan, pemuda bisa turut berkontribusi dalam pembangunan baik fisik maupun non fisik dan sebagai agen modernisasi yang menjadi pelopor pembaharuan.

Semoga kita menjadi pemuda yang bermanfaat bagi negara Indonesia tercinta. Salam pemuda!