Wisata Kuliner Khas Pesisir Barat Lampung (2)

177
Foto Dokumen Pribadi
Foto Dokumen Pribadi

Oleh: Paksu Topan Satir *

RASANYA berkunjung ke Kabupaten Pesisir Barat, Lampung masakan yang ditemui hanya ada 2 yakni Masakan Enak dan Masakan Enak Sekali. Kadang kita sendiri bingung, ini yang membuat selera makan tinggi, bentar-bentar ingin makan lagi, apa karena suhu udara pantai atau ramuan masakannya. Yang pasti, kalau berkunjung kesini dalam waktu agak lama, harus pandai-pandai mengukur dosis makan sendiri-sendiri, agar tidak over dosis.

Selain beberapa menu yang saya share sebelumnya, betikut ini beberapa menu masakan eksotis yang jangan sampai terlewatkan bila berkunjung ke daerah ini. Ada Sup Iwa Tuhuk (Soup Ikan Marlin) yg cocok sebagai makanan pembuka (appetizer). Selain daging Marlin yang gurih, rasa sedikit kecut dari ramuannya dapat meningkatkan selera makan. Sebagai menu inti, terdapat Gulai Halom (Semur daging) baik menggunakan daging sapi atau ayam yg terasa manis pedas, hasil bauran rempah lada, kayu manis, bawang dll didalam saos kecap. Menu ini menjadi matching bila dikombinasikan dengan Gulai Jabung (sayur Kecombrang) atau Gulai Tanggawi (sayur keluarga Keladi) yg banyak tumbuh didarah lembab. Kedua sayuran ini biasanya dimasak bersama ikan laut. Untuk melengkapi set menu, terdapat Pandap (sejenis Buntil di Jawa) yang terbuat dari adonan bumbu rempah dengan daging ikan yg difermentasi,  dibungkus daun Keladi (Bulung Talos) atau Rendang Jengkol.

Sebagai makanan penutup (dessert) tersedia Kinca, berupa kolak duren yang dibalutkan diatas nasi ketan. Untuk menu yang terakhir ini, sebaiknya jangan mengkonsumsi terlalu banyak, karena kombinasi antara durian, ketan dan saos santan dapat terasa Neg (anti klimak) apabila terlalu banyak.

Potensi kuliner eksotik yang tersedia (Given) di masyarakat ini dapat menjadi bagian dari Wisata Kuliner bahkan Wisata Edukasi apabila dikemas dengan baik. Yang pasti, dari aspek rasa dan bahannya, Masakan Putra Pesisir mempunyai diferensiasi dalam petualangan rasa dan mempunyai nilai jual dr aspek pemasaran.

Baca Juga:  Upaya Polres Magelang Tangkal Hoax

“Semoga, minak muari sunyinni dan Pemda Pesisir Barat, segera tingkatkan kinerja Pariwisata di Kabupaten ini. Tabik dan salam kemuarian, sinji sebagai oleh2 jak mulang mik pekon” (Semoga, Handai Taulan semua dan Pemda Pesisir Barat, segera tingkatkan kinerja Pariwisata di Kabupaten ini. Tabek dan Salam persaudaraan, ini sebagai oleh-oleh dari pulang kampung), Tutup Paksu Topan. (*)

*)Penulis adalah Putra Asal Pugung Krui Lampung, Mantan Presiden Direktur PT Anindya BUMD Pemprov DIY, Berdomisili di Yogyakarta, Owner Kampung Labasan Yogyakarta.