Wisata Panorama Pantai Badur Berlatar Gunung Kapur

30
Bukit Kapur

SERIKATNEWS.COM – Objek wisata Bukit Panjalin berlokasi di Desa Badur, Kecamatan Batu Putih, Kabupaten Sumenep, Madura. Bukit Panjalin ini terbentuk akibat ketidaksengajaan dari penambangan batu kapur.

Mayoritas warga setempat bekerja sebagai penggali kapur putih. Bukit Panjalin adalah salah satu di antara bukit batu kapur yang ikut ditambang oleh warga.

Biasanya penambang bekerja menggunakan alat-alat potong sederhana untuk memecahkan batu-batu kapur di bukit Panjalin. Hingga tanpa sengaja, bekas-bekas potongan batu kapur membentuk struktur yang memiliki nilai seni yang indah.

Penambangan tersebut pada akhirnya menghasilkan banyak pilar-pilar batu yang cukup unik. Di sana ada banyak batu dengan ketinggian rata-rata 5 sampai 10 meter. Pilar-pilar batu tersebut biasanya jadi lokasi ciamik para pengunjung untuk berfoto.

Akibat penambangan batu kapur tersebut, membuat Bukit Panjalin memiliki landscape buatan yang cantik dan menarik wisatawan untuk datang. Sebab, pengunjung bisa puas berfoto dengan latar Bukit Panjalin, apalagi saat senja suasananya bertambah menjadi lebih hangat.

Tak kalah menariknya lagi, Bukit Panjalin ini juga menyuguhkan panorama Pantai Badur yang berlokasi di sebelah utara bukit. Bahkan, wisatawan bisa melihat indahnya pepohonan dan panorama pantai dari atas bukit Panjalin.

Keindahan akan bertambah cantik kala matahari mulai tenggelam. Hampir menyerupai Tebing Breksi di Yogyakarta, Bukit Panjalin merupakan destinasi wisata favorit warga Madura.

Baca Juga:  Kemenhub Imbau Pengelola Wisata Bangun Ruang Istirahat Pengemudi