Connect with us

News

Jokowi: Masjid Istiqlal Bersolek Lebih Megah

Published

on

© pu.go.id

SERIKATNEWS.COM – Presiden Joko Widodo mengucapkan syukur terkait rampungnya renovasi Masjid Istiqlal yang sempat tertunda selam tiga bulan karena pandemi Covid-19. Semula renovasi masjid terbesar di Asia yang dibuka sejak tahun 1978 ini ditargetkan rampung pada bulan April 2020.

“Setelah 42 tahun berdiri, Masjid Istiqlal kini bersolek lebih megah seusai rampungnya pekerjaan renovasi besar oleh Kementerian PUPR,” tulis Presiden Jokowi dalam akun Instagram pribadinya, Sabtu (25/7).

Menurut Jokowi, kawasan masjid sudah melalui penataan baru meliputi pengembalian aksis Monas dan kerapian zonasi kawasan, perbaikan gerbang, penambahan plaza-plaza sebagai ruang publik, perbaikan tanggul sungai, penambahan gedung parkir bawah tanah, perbaikan kantin serta penambahan area PKL.

“Renovasi besar dilakukan pada arsitektur masjid yang mencakup fasad, lantai, dinding, kusen, jendela, pintu, ruang wudhu, toilet dan kamar mandi,” jelasnya.

Lebih lanjut Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa renovasi interior masjid dilakukan pada ruang salat utama, area VIP dan kantor pengurus masjid.

“Begitu juga instalasi solar panel pada atap selasar, tata pencahayaan interior dan eksterior, sampai pergantian signage gerbang, ruang luar dan interior” tulis Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga menyebutkan, renovasi besar-besaran Masjid Istiqlal dikerjakan dengan anggaran sebesar Rp475 miliar.

“Masjid Istiqlal memiliki luas area kawasan 91.629 meter persegi, dan luas bangunan masjid 80.948 meter persegi yang dapat menampung 200.000 orang,” pungkasnya.

 

Baca Juga:  Kapolri Terapkan "Body System"
Advertisement

Popular