Connect with us

Info Kesehatan

Bahaya Mengikuti Tutorial Yoga di Medsos

Published

on

Ilustrasi: Medium

SERIKATNEWS.COM – Perkembangan teknologi saat ini memudahkan masyarakat untuk melakukan yoga di rumah. Kita tak perlu lagi repot-repot mengikuti kelas yoga, sebab tutorial yoga banyak beredar di media sosial, baik di YouTube maupun Instagram.

Tak hanya itu saja, dengan mengikuti tutorial yoga di media sosial, kita tak harus mengeluarkan biaya yang besar. Namun yang perlu diketahui, melakukan yoga sendiri di rumah melalui video tutorial justru dapat membahayakan, karena risiko cedera lebih tinggi.

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di AS menemukan bahwa pasien yang dirawat di rumah sakit akibat cedera meningkat menjadi 17 per 100.000 hanya dalam 13 tahun, yang sebelumnya hanya sebesar 9,5 untuk setiap 100.000.

Dikutip dari Indozone, hal tersebut dapat terjadi karena ketidaktahuan orang-orang saat melakukan gerakan yoga. Bahkan hal ini juga dilakukan bukan untuk meningkatkan kesehatan tubuh dan jiwa, namun didasari oleh kesombongan diri.

Melakukan kegiatan yoga tanpa adanya pemandu dan hanya mengandalkan video saja, justru cara yang salah sehingga berisiko cedera. Untuk itu, usahakan tidak melakukan kegiatan yoga tanpa ada instruktur.

Baca Juga:  Lima Teknik Meningkatkan Hormon Bahagia
Advertisement

Popular