Connect with us

Internasional

Bertemu di Jakarta, Menlu RI dan Menlu Rusia Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Bilateral

Published

on

Foto: SerikatNews (Dok, Kementerian Luar Negeri RI)

SERIKATNEWS.COM- Indonesia dan Rusia sepakat untuk lebih meningkatkan kerja sama bilateral di berbagai bidang, khususnya bidang kesehatan, perdagangan, investasi, pendidikan, dan keamanan.

Hal tersebut menjadi pokok-pokok kesepakatan dalam pertemuan Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno L.P. Marsudi dengan Menteri Luar Negeri Federasi Rusia Sergey Lavrov di Jakarta pada Selasa (6/7/2021).

“Rusia adalah salah satu mitra terpenting Indonesia, khususnya di kawasan Eropa Timur”, kata Menlu Retno dalam pernyataan pers bersama kedua Menlu dan ditanggapi oleh Menlu Lavrov yang juga menegaskan bahwa Indonesia sebagai mitra terpenting Rusia di kawasan Asia.

Dalam kerja sama kesehatan, kedua pihak sepakat mendorong finalisasi perjanjian antara Kementerian Kesehatan kedua negara. Menlu Retno juga sampaikan kerja sama penanggulangan Covid-19, antara lain pengadaan vaksin Sputnik V, donasi kemanusiaan pemerintah Rusia, serta kerja sama jangka menengah untuk melakukan produksi vaksin di Indonesia.

Kerja sama pengadaan vaksin telah diawali oleh kunjungan Kepala BPOM ke pusat produksi Sputnik V di Moskow. Dalam kunjungan pada bulan Juni 2021 ini juga disepakati kerja sama antara lembaga pengawas obat dan makanan kedua negara.

Foto: SerikatNews (Dok, Kemenlu)

Kedua Menlu sepakat untuk meningkatkan berbagai upaya mewujudkan target perdagangan bilateral Indonesia-Rusia menjadi US$ 5 milyar seperti disepakati pemimpin kedua negara. Kedua Menlu juga sepakat percepat proses perundingan Perjanjian Perdagangan Indonesia-Eurasian Economic Union (EAEU), di mana Rusia merupakan bagian dari EAEU sehingga jumlah penduduk keseluruhan mencapai 450 juta jiwa. Di samping proyek refinery, Rusia juga berminat investasi di bidang energi, infrastruktur, termasuk dalam pengembangan ibu kota baru Indonesia.

Menlu Retno dan Menlu Lavrov membahas rencana kunjungan Presiden Putin pada saat yang tepat. Kedua pihak menyepakati untuk mempersiapkan dokumen kerja sama kemitraan strategis yang akan ditandatangani pada saat kunjungan Presiden Rusia ke Indonesia, di samping 27 perjanjian lainnya di berbagai sektor untuk meningkatkan kemitraan pada tingkat strategis.

Baca Juga:  Film Rusia "Gulyai, Vasya! Svidanie na Bali" Promosikan Pariwisata Indonesia

“Kami terus membahas persiapan usulan kunjungan Presiden Rusia Vladimir Putin ke Indonesia, sambil menunggu waktu yang tepat untuk kunjungan tersebut,” kata Menlu Retno.

Kedua Menlu juga membahas kerja sama pendidikan. Menlu Retno apresiasi perhatian pemerintah Rusia atas keselamatan mahasiswa Indonesia di Rusia selama pandemi dan mengharapkan akses masuk mahasiswa Indonesia yang masih belum dapat kembali ke Rusia karena pandemi, termasuk mahasiswa baru penerima beasiswa pemerintah Rusia. Menanggapi hal tersebut, Menlu Rusia menyampaikan akan memperhatikannya.

Menlu Retno dan Menlu Lavrov juga membahas isu-isu regional dan internasional yang menjadi perhatian bersama. Isu-isu tersebut antara lain isu Myanmar, situasi di Timur Tengah, kerja sama Indo-Pasifik, dan keketuaan Indonesia pada G20 tahun depan. Menlu Rusia tegaskan dukungannya terhadap sentralitas ASEAN dan ASEAN Outlook on Indo-Pacific.

Usai pertemuan, Menlu Retno dan Menlu Lavrov menandatangani perjanjian Rencana Konsultasi (Plan of Consultations) antara Kementerian Luar Negeri RI dan Kementerian Luar Negeri Rusia periode 2021-2023.

Dalam pertemuan bilateral, Menlu Retno didampingi Direktur Jenderal Amerika dan Eropa Kementerian Luar Negeri RI, Ngurah Swajaya, sedangkan Menlu Lavrov didampingi Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Lyudmila Vorobieva. Pertemun berlangsung dengan memperhatikan protokol kesehatan yang ketat.

Selain pertemuan dengan Menlu RI, Menlu Lavrov juga telah melakukan kunjungan kehormatan kepada Presiden RI Joko Widodo. Setelah itu, Menlu Retno dan Menlu Lavrov memimpin bersama pertemuan Special ASEAN – Russia Foreign Ministers’ Meeting memperingati 25 tahun Kemitraan ASEAN-Rusia.

Kunjungan Menlu Lavrov ke Jakarta merupakan kedua kalinya dalam empat tahun terakhir, setelah kunjungan sebelumnya pada 9 Agustus 2017. Sementara itu, Menlu Retno berkunjung ke Moskow pada 13 Maret 2018.

Baca Juga:  Kanada Siap Tampung Warga Afghanistan Korban Taliban

Rusia merupakan mitra dagang utama Indonesia di kawasan Eropa Timur. Meski di tengah pandemi Covid-19, pada tahun 2020 nilai perdagangan kedua negara tercatat sebesar US$ 1,93 miliar, hanya turun 6,61% dari tahun 2019 sebesar US$ 2,06 miliar. Sementara itu, investasi Rusia di Indonesia pada tahun 2020 tercatat sebesar US$ 4,6 juta di 202 proyek.

Advertisement
Advertisement

Terkini

News29 menit ago

Kemenperin Terima 150 Unit Konsentrator Oksigen dari Asosiasi Gula

SERIKATNEWS.COM – Kementerian Perindustrian bersama pelaku dan asosiasi industri bertekad untuk terus melakukan upaya percepatan pencegahan dan pengendalian Covid-19 di...

News46 menit ago

EFT Gelar Lomba Menulis Artikel, Hadiah Utama Rp7.500.000

SERIKATNEWS.COM – Selama ini pembangunan ekonomi dinilai hanya mengejar pertumbuhan dan sering kali merugian lingkungan. Karena itu, diperlukan inovasi kebijakan...

News9 jam ago

Yuk Merapat, PLN Cari Mitra Usaha untuk Bangun Lebih dari 100 SPKLU

SERIKATNEWS.COM – PT PLN (Persero) membuka peluang kerja sama bagi para pelaku usaha untuk ikut membangun 101 stasiun pengisian kendaraan...

News10 jam ago

Sediakan Listrik untuk Kapal Sandar, PLN Dukung Pengembangan Pelabuhan Ramah Lingkungan

SERIKATNEWS.COM – PT PLN (Persero) terus berinovasi dan menghadirkan layanan kelistrikan di sektor kelautan dan perikanan. Terbaru, Unit Pelaksana Pelayanan...

News10 jam ago

Generator Milik Kantor Pemkab Sampang Hangus Terbakar

SERIKATNEWS.COM – Lingkungan Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang Madura Jawa Timur dikagetkan dengan adanya asap hitam yang mengepul ke udara....

Warkopi Heboh, Ini Penjelasan Indro Yang Mangejutkan.! Warkopi Heboh, Ini Penjelasan Indro Yang Mangejutkan.!
Lifestyle13 jam ago

Warkopi Heboh, Ini Penjelasan Indro Yang Mangejutkan.!

SERIKATNEWS.COM – JAKARTA- Media sosial belum lama ini di gemparkan  dengan sosok remaja yang mempunyai fisik mirip dengan grup lawak...

News15 jam ago

Muncul Klaster Pendidikan, Zen ADV: Jangan Hentikan PTM, Kasihan Pendidikan Anak-anak

SERIKATNEWS.COM – Munculnya klaster pendidikan di beberapa daerah di Jateng setelah berlangsung pembelajaran tatap muka (PTM) beberapa minggu ini, hendaknya...

Populer

%d blogger menyukai ini: