Connect with us

News

Fakultas Peternakan UGM Kembangkan Rumput Unggul Hasil Radiasi Sinar Gamma

Published

on

Ir Nafiatul Umami Spt MP PhD IPM ASEAN Eng dosen Fapet UGM sekaligus ketua peneliti rumput Gama Umami (Sukron/Wiradesa)

SERIKATNEWS.COM – Fakultas Peternakan UGM mengembangkan rumput Gama Umami, yaitu mutasi rumput gajah yang telah diradiasi sinar gamma sehingga menghasilkan rumput yang lebih unggul dibandingkan dengan tetuanya. Rumput gajah dipilih karena merupakan jenis yang unggul, disukai ternak ruminansia, dan sangat cocok dikembangkan di Indonesia yang merupakan negara beriklim tropis.

Ir Nafiatul Umami Spt MP PhD IPM ASEAN Eng dosen Fapet UGM sekaligus ketua peneliti rumput Gama Umami, menerangkan hasil produksi rumput Gama Umami lebih tinggi dibandingkan rumput gajah lokal dan dapat dipanen hingga 6 kali dalam setahun.

“Mutasi dengan radiasi sinar gamma dapat memengaruhi morfologi, anatomi, dan fisiologi tanaman, sehingga menghasilkan tanaman yang lebih unggul. Aplikasi radiasi sinar gamma digunakan pada organ vegetatif, bunga, dan biji tanaman rumput gajah,” paparnya.

Lebih lanjut ia menerangkan, rumput gajah yang mengalami penyinaran radiasi Gamma selanjutnya diseleksi, dan didapatkan rumput Gama Umami dari penyinaran 100 Gray. Radiasi sinar gamma sendiri diketahui tidak meninggalkan residu radioaktif dalam meterial yang diradiasi.

Dalam penelitian yang dilakukan antara Fakultas Peternakan UGM bekerja sama dengan Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) melalui Pusat Aplikasi Isotop dan Radiasi (PAIR), diketahui hasil radiasi memengaruhi bulu pada tanaman rumput gajah Gama Umami yang lebih sedikit, yang sangat berpengaruh terhadap palatabilitas atau kemampuan mengecap makanan pada ternak ruminansia.

Hasil pertumbuhan vegetatif dan morfologi rumput gajah Gama Umami lebih baik dibandingkan dengan tetuanya karena sinar gamma didasarkan pada interaksi dengan atom atau molekul dalam sel, terutama air, untuk menghasilkan radikal bebas.

“Radikal bebas tersebut dapat merusak atau memodifikasi komponen penting dari sel tumbuhan, misalnya dapat memengaruhi morfologi, anatomi, biokimia, dan fisiologi tanaman yang dapat menghasilkan tanaman yang lebih baik dan unggul,” imbuh Nafiatul.

Baca Juga:  Mahasiswa UB Sukses Ciptakan MORICO

Pada proses pengujian dari hasil pemuliaan radasi sinar gamma, tanaman rumput gajah Gama Umami dilaporkan memiliki hasil pertumbuhan vegetatif dengan tinggi tanaman yaitu antara 3,4-3,7 m, panjang tanaman 3,7-3,8 m, panjang daun 1,1-1,3 m, panjang ruas 12-15,3 cm, diameter batang 2,2 cm, dan jumah tunas sebanyak 41-50.

Pengujian juga dilakukan dengan melihat produksi biomassa dan komposisi kimia dari rumput Gama Umami, yang menunjukkan rumput Gama Umami sangat baik jika diberikan ke ternak ruminansia dilihat dari produksi yang tinggi dan kandungan kimia yang baik.

Rumput ini telah dikenalkan dan dikembangkan oleh peternak, terutama di daerah Yogyakarta dan sekitarnya. Cahyo Kurmai, peternak dari Banyumas, mengungkapkan, pengembangan rumput Gama Umami di lahannya memberi hasil yang memuaskan.

“Gama Umami memiliki daun lebih hijau dibandingkan dengan rumput lainnya. Selain itu, tidak ada bulu halus bahkan jika kita tidur di atas daun tersebut tidak akan merasa gatal dibandingkan jika kita tidur di atas daun rumput gajah,” ungkapnya.

Dekan Fakultas Peternakan UGM Prof Dr Ir Ali Agus DAA DEA, IPU ASEAN Eng yang turut meneliti rumput Gama Umami, mengatakan, selain digunakan sebagai pakan ternak, rumput ini juga diuji dan diproses menjadi biofuel.

“Kandungan serat pada batang rumput Gama Umami merupakan salah satu bahan penghasil etanol yang dapat digunakan sebagai sumber energi alternatif dan berpotensi dalam memasok bahan bakar cair, padat, dan gas untuk penggantian bahan bakar fosil. Namun, masih dibutuhkan pengujian lebih lanjut sehingga nantinya dapat dikembangkan di Indonesia,” terang Ali. (Sukron)

Advertisement
Advertisement

Terkini

Hukum10 jam ago

Kejaksaan Agung Melakukan Penggeledahan di Kantor Pusat BPJS

SERIKATNEWS.COM – Pusat PT Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan digeledah oleh Kejaksaan Agung, pada Senin (18/1/2021). Penggeledahan tersebut merupakan...

Politik21 jam ago

Sederhana! Denny Cagur Terjun Politik Karena Pemilu Hanya Persoalan Kalah Menang

SERIKATNEWS.COM – Kalangan artis terjun di kancah politik praktis karena pemilu dimaknai sekadar menang kalah. Hal itu dikatakan oleh Denny...

Lifestyle21 jam ago

Deddy Corbuzier Sebut Ramalan Mbak You Bohong

SERIKATNEWS.COM – Deddy Corbuzier sudah geram terhadap sosok Mbak You yang mengeluarkan ramalan tentang kerusuhan di Indonesia serta lengsernya presiden....

Lifestyle21 jam ago

Deretan Isi Koper Pramugari Verawaty

SERIKATNEWS.COM – Penumpang di pesawat terasa aneh lantaran kopernya tidak pernah ketinggalan. Kira-kira apa saja sih isi koper pramugari yang...

Ekonomi1 hari ago

Dedi Mulyadi: Petani dan Pedagang Bisa Mati Kalau Dihajar dengan Beras Impor

SERIKATNEWS.COM – Wakil Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia Dedi Mulyadi angkat bicara terkait ribuan ton beras impor asal...

News1 hari ago

Empat Tahap Vaksinasi Covid-19

SERIKATNEWS.COM – Ada empat tahap dalam pelaksanaan program vaksinasi Covid-19. Dikatakan oleh Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Reisa Brotoasmoro bahwa suksesnya...

News2 hari ago

PDIP Mendapat 3 Piagam Muri

SERIKATNEWS.COM – PDIP mendapatkan tiga penghargaan Museum Rekor Indonesia (MURI). Penghargaan tersebut diumumkan langsung oleh Penggagas MURI Jaya Suprana. Jaya...

Populer

%d blogger menyukai ini: