Connect with us

News

Imbauan Kopri PMII dalam Pencegahan Covid-19

Published

on

Kopri PMII
Dok. Serikat News

SERIKATNEWS.COM – Korps PMII Putri (Kopri PMII) mengimbau kepada seluruh warga pergerakan agar lebih waspada dalam menyikapi pandemi corona (Covid-19). Untuk mencegah penyebarannya, salah satu langkah yang patut dilaksanakan Bersama-sama adalah social distancing.

“Para kader KOPRI PMII dihimbau untuk tidak panik tetapi tetap waspada terhadap Covid-19. Mari kita bersama-sama menjaga jarak satu sama lain (social distancing), bekerja dari rumah dan belajar dari rumah, Insya Allah akan mencegah penularan dan penyebaran Covid-19,” ujar Yuliana Muflikhah, Ketua Bidang Kesehatan Perempuan dan Anak PB KOPRI PMII, Senin (23/3/2020).

Untuk mencegah penyebaran virus corona di lingkungan PB PMII, maka PB PMII mengeluarkan surat intruksi kepada seluruh pengurus PMII tingkat PKC, PK, PC, DAN PR tentang imbauan pencegahan penularan penyakit Covid-19. Hal ini sehubungan dengan imbauan Kementerian Kesehatan tentang upaya pencegahan penularan Covid-19 di fasilitas umum.

Surat edaran berisi intruksi tentang seluruh pimpinan organisasi PMII di semua tingkatan di seluruh Indonesia agar menunda semua kegiatan yang bersifat melibatkan peserta banyak orang seperti pelantikan, pengkaderan dan pelatihan. Selain itu, seluruh pimpinan organisasi PMII wajib membantu pemerintah mensosialisasikan prosedur pencegahan dan penularan virus Covid-19 di lingkungan masing-masing serta membudayakan perilaku hidup bersih.

“Sahabat-sahabat KOPRI PMII harus terus saling mengingatkan untuk sementara berada di rumah dan tetap waspada terhadap covid 19, mari jaga kesehatan kita bersama, indahkan segala arahan dari pemerintah terkait pencegahan virus Corona. Kami menghimbau kepada seluruh pengurus kopri di semua level untuk tidak melaksanakan kegiatan yang melibatkan banyak orang. Serta bersama-sama membacakan sholawat agar seluruh manusia di jauhkan dari covid 19,” ujar Ketua PB KOPRI PMII, Septi Rahmawati.

Baca Juga:  Warga Semarang Peringati Sumpah Pemuda di Bendungan Pleret

Berikut ini poin imbauan Kopri PMII dalam mengatasi penyebaran Corona, di antaranya:

  1. Melihat atau bertemu dengan seseorang yang sedang batuk, flu atau bersin-bersin dan terlihat tidak sehat, kita bisa memilih untuk menjaga jarak 0,5 – 2 meter agar tetap aman dari percikan air liur dari orang yang sakit atau bisa memberinya masker agar melindungi orang-orang yang ada di sekitarnya.
  2. Air liur orang yang sakit dapat menempel di pegangan pintu, pegangan kereta, pegangan tangga, tombol lift, perangkat digital, alat makan, uang kertas dan koin, dan masih banyak lagi, bahkan sampai pada bagian luar masker yang sedang kita pakai.
  3. Jika tidak sengaja menyentuh benda-benda di atas, sebagai antisipasi jangan menyentuh wajah, mata dan hidung, apalagi mengucek mata. Pastikan mencuci bersih dulu tangan.
  4. Sebaiknya mengurangi aktivitas di keramaian atau kerumunan orang banyak untuk menghindari masuknya virus-virus kedalam tubuh.
  5. Virus bisa menempel pada suatu benda atau barang selama 24 jam, jadi pastikan peralatan yang biasa kamu gunakan bersih, mungkin kamu bisa membersihkan barang-barang dengan tisu basah atau mencucinya dengan sabun jika memungkinkan.

Selain itu keluarga besar KOPRI PMII harus menjaga kesehatan dan kebersihan. Berikut ini tips pencegahan penyakit yang bisa Anda lakukan:

  1. Rajin cuci tangan pakai sabun (CTPS)
  2. Gunakan masker apabila anda sedang batuk atau pilek
  3. Konsumsi gizi seimbang, perbanyak makan sayur dan buah
  4. Konsumsi vitamin C dan E
  5. Hati-hati apabila kontak dengan hewan
  6. Rajin olahraga dan istirahat yang cukup
  7. Jangan mengonsumsi daging yang tidak dimasak
  8. Bila batuk, pilek, sesak nafas segera ke fasilitas kesehatan
Advertisement

Popular